Baner Pemprov Baru 14

Kamis, 24 April 2014 Pukul 01:47:57

Geopark Merangin Unesco Banner

Banner Sarolangun Emas1

Saat ini sudah bermunculan nama-nama seperti, Sum Indra, Masita Arifin, Efendi Hatta, SY. Fasha, Hendri Mashur, Zainal Abidin, Nuzul Prakarsa, dan Bambang Priyanto sebagai incumbent. Kita dapat melakukan kalkulasi politik, berdasarkan kondisi dan fakta yang ada sekarang, melalui peta perpolitikkan yang berkembang di Jambi akhir-akhir ini.

Beberapa tahun terakhir kota Jambi menghadapi banyak masalah, antara lain infrastruktur jalan yang rusak, sampah bertumpukan di mana-mana, pedagang kaki lima berserakan di seantero kota, tempat parkir yang semrawut, ruko menjamur di setiap pelosok, terminal yang tidak berfungsi sesuai peruntukannya, kemacetan yang telah mulai menghantui masyarakat kota dan pasar yang tidak terawat dengan baik. Masalahnya sudah sangat kompleks, yang harus dihadapi oleh Wako dan Wawako yang baru nantinya. Melihat kondisi kota Jambi dewasa ini, jangankan berharap, bermimpi saja untuk mendapatkan piala Adipura, kita merasa takut.

Masalah-masalah tersebut merupakan hal yang jamak dialami oleh setiap kota yang sedang dalam proses perkembangan, seperti kota Jambi. Apabila semua masalah itu dikelola dengan baik, walaupun tidak bisa dihilangkan secara keseluruhan, paling tidak harus dapat diminimalisir. Untuk itu diperlukan pemimpin yang enerjik dan memiliki visi jauh ke depan.

Pemimpin yang enerjik, yaitu pemimpin yang relatif berusia muda, sehat, tangguh dan berwibawa. Pemimpin yang memiliki visi ke depan, adalah seorang pemimpin yang berani bermimpi, untuk mewujudkan Jambi yang lebih baik dan lebih maju di masa depan. Mimpinya ini diwujudkan melalui berapa misi yang akan dijalankan selama 5 tahun masa jabatanya, untuk mencapai tujuan dari pemberian otonomi kepada suatu daerah, sebagaimana dimaksudkan dalam Pasal 2 ayat (3) UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan daerah, yaitu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan umum, meningkatkan daya saing daerah.

Untuk dapat bersaing  diajang Pemilukada, pasangan calon harus memiliki kualitas moral, kualitas intelektual dan keterampilan profesional,  memiliki elektebilitas yang tinggi, memiliki pupularitas yang luas. Di samping itu, pasangan calon harus memiliki kualitas moral yang baik, memiliki kulitas  intelektual yang tinggi, memilki keterampilan profesional.

Seorang pemimpin yang memiliki kualitas moral yang baik, adalah seseorang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, jujur, terpercaya, tidak pernah melakukan perbuatan tercela, seperti korupsi, pelecehan seksual, terlibat perjudian, narkoba, minuman keras dan perbuatan tercela lainya. Sedangkan kualitas intelektual, tidak semata-mata ditentukan oleh tingkat pendidikannya, tetapi lebih ditentukan oleh luas wawasan yang dimilikinya, seperti wawasan kebangsaan dan wawasan pembangunan. Kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, antara lain leadership, kemampuan manajerial, dan kemampuan menyatakan pendapat.

Faktor elektabilitas, ditentukan oleh adanya dukungan yang riil dari partai politik peserta Pemilu atau oleh warga masyarakat untuk calon perseorangan. Faktor popularitas ditentukan oleh sejauh mana pasangan calon mengenal masyarakatnya dan dikenal oleh masyarakat.

Sum Indra kader PAN yang sekarang menduduki jabatan Wakil Walikota Jambi, di samping sebagai Ketua DPD PAN Kota Jambi, seorang politisi yang sarat dengan pengalaman di bidang birokrasi, pernah memimpin Perguruan Tinggi dan sekarang menjabat sebagai Wawako Jambi, yang tentunya mengenal dan dikenal oleh masyarakat kota Jambi.  PAN yang memiliki  suara yang cukup signifikan di kota Jambi.  Yang bersangkutan terjun langsung ke langgar, ke mesjid, ke sekolah, untuk melakukan sosialisasi dengan disertai penyerahan bantuan.

Sum Indra diwacanakan oleh pihak-pihak tertentu untuk berpasangan dengan Masita Arifin, kader Partai Golkar yang sekarang  menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Kota Jambi. Apabila kedua orang ini berhasil disatukan sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota  Jambi, akan sangat ideal. Dengan bergabungnya  PAN dan Partai Golkar untuk mendukung pasangan calon ini, tingkat elektabilitasnya akan semakin tinggi.

Hanya saja juga harus diperhitungkan, kegagalan Pemerintah Kota Jambi dalam menata kota, dimata masyarakat juga merupakan kegagalan Sum Indra, sebagai Wakil Walikota. Sum Indra harus pandai-pandai memilih manajer kampanye, yang bisa mengemas bahan kampanye dengan baik, memilih strategi tepat, menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan yang ada.

Pasangan calon ini akan menjadi pasangan calon yang ideal, karena nemiliki karakter yang berbeda. Sum Indra sebagai kader muda, sangat energik, dinamis, dan  agak agresif, sarat dengan wawasan dan gagasan. Sedangkan Masita Arifin sebagi seorang politisi perempuan, tentu bersifat lebih lembut, arif dan bijaksana.  Keduanya akan saling mengisi  dan akan bisa berkerjasama dalan mejalankan visi dan misinya. Tujuan mengikuti Pemilukada tersebut, bukan semata-mata untuk memperoleh kemenangan, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana membuat Kota Jambi menjadi lebih baik dan lebih maju. Hal ini hanya  bisa diwujudkan, apabila pasangan tersebut bisa menjalin kerjasama yang baik.

Tak jauh berbeda, SY. Pasha, kader muda dari Partai Golkar yang sekarang menduduki jabatan sebagai Ketua AMPG Kota Jambi, anak muda yang energik, malah terkesan ambisius. Ia tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat, melalui beragam media, baik melalui baliho/spanduk, iklan melalui media, melakukan aksi-aksi sosial ke tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian popularitasnya tidak diragukan lagi. Yang bersangkutan cukup mengenal dan dikenal oleh masyarakat kota Jambi. Hanya saja perlu diingat bahwa popularitas tidak selalu berbanding lurus dengan elektabilitas. Dengan munculnya nama Masita Arifin sesama kader Partai Golkar, peluang  SY. Pasha agak menyempit, tetapi tetap ada. Walaupun nanti akan diadakan survey sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk menentukan pasangan calon yang akan didukung. Pada akhirnya faktor penentu adalah pengurus Partai, baik di tingkat Kota, Provinsi dan tingkat Pusat. Dalam hal ini faktor Manap bersaudara, juga menjadi pertimbangan, karena  menduduki jabatan kunci di Kota dan di Provinsi.

Nuzul Prakasa adalah seorang kader muda dari Partai Golkar, yang sekarang menduduki jabatan sebagai anggota DPRD kota Jambi. Nuzul Prakarsa seorang anak muda yang baik, memiliki masa depan yang cerah, tetapi masih terlalu muda untuk menduduki jabatan Wako/Wawako Jambi. berdasarkan pengalaman, Nuzul belum memiliki kematangan dalam memimpin.

Efendi Hatta, yang kelihatanya masih malu-malu kucing, kader muda dari Partai Demokrat, yang sekarang menduduki jabatan Ketua DPRD Provinsi Jambi. Seorang anak muda yang enerjik, dinamis dan ulet, memiliki prestasi yang luar biasa, dari akar rumput melejit  ke atas, sehingga berhasil menduduki jabatan sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi, sehingga figurnya mengenal dan dikenal masyarakat.  Prestasi ini tidak diperoleh dengan mudah, membutuhkan kerja keras dan ulet. Sebagai seorang politisi, yang bersangkutan sarat dengan pegalaman di dunia politik, di samping  pengalaman sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi, akan memberikan kemampuan bagi yang bersangkutan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan publik  yang bertujuan untuk memajukan kota Jambi. Akan tetapi yang bersangkutan belum memiliki pengalaman dalam mengelola birokrasi. Untuk itu yang bersangkutan harus mencari pendamping yang tepat agar dapat saling mengisi terutama yang memahami birokrasi.

Dalam masalah elektabilitas, apabila Efendi Hatta ingin memenangkan Pemilukada yang akan datang, yang bersangkutan harus mencari pasangan calon yang didukung oleh Partai besar lainnya, atau gabungan partai-partai kecil yang ada di DPRD dan di luar DPRD, sehingga elektabilitasnya bisa meningkat.

Bambang Priyanto, kader demokrat yang merupakan calon incumbent, harus berpikir dua kali untuk maju kembali dalam Pemilukada yang akan datang. Begitu kompleksnya permasalahan yang dihadapi oKota Jambi,  hal itu akan menjadi tantangan/beban yang berat bagi seorang pemimpin seusia beliau. Sebaiknya yang bersangkutan memberi kesempatan kepada kader-kader muda dari Partai Demokrat, yang memiliki potensi untuk memimpin kota Jambi ke depan. Cukup masa 5 tahun memberikan pengabdian terhadap kota Jambi, sekarang kembali mengabdi di bidang kesehatan, untuk membantu masyarakat kurang mampu sebagaimana yang telah dilakukan selama ini.

Untuk bakal calon yang lain, seperti Henri  Mashur, kader PKS sekaligus Ketua PKS Provinsi Jambi, menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi, merupakan seorang kader muda yang enerjik, dinamis dan kritis. Henri Mashur beruntung, sebagai seorang Ketua Partai di tingkat  Provinsi, nampaknya tidak memiliki pesaing  dari dalam Partainya sendiri. Sedangkan Zainal Abidin dari Partai Demokrat, yang sekarang menduduki jabatan sebagai ketua DPRD Kota Jambi, mempunyai beberapa  pesaing  di dalam Partainya sendiri. Namun keduanya tetap mempunyai peluang, baik Henri Mashur, maupun Zainal Abidin untuk maju dalam Pilkada Kota Jambi, jika mau bekerja keras  dan menggunakan strategi yang tepat terutama di dalam mencari pasangan, guna  meningkatkan elektabilitas dan popularitas masing-masing.

Mungkin banyak lagi kader muda yang berminat untuk maju dalam Pemilukada Kota Jambi yang akan datang,  yang penting sebelum maju  sebaiknya sering-sering berkaca diri di cermin yang ada dirumah masing-masing.

Yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum maju dalam Pemilukada, yaitu adanya dukungan dana. Dalam Pemilukada uang bukan segala-galanya, tetapi segala-galanya butuh uang. Berdasarkan pengalaman di masa lalu, pasangan calon harus menyediakan dana yang cukup besar, bahkan dalam jumlah puluhan milyar. Dari mana dana itu akan diperoleh, dana sendiri, menjual harta milik pribadi/keluarga, atau meminjam dari pihak ketiga. Semuanya itu tidak bersifat cuma-cuma, tidak ada yang gratis, dan selalu mengharapkan kompensasi. Apabila dana itu berasal dari milik pribadi/keluarga tentu ada keinginan agar dana itu bisa kembali. Apabila dana tersebut diharapkan bisa kembali dari penghasilan legal seorang Walikota/Wakil Walikota, jelas tidak mungkin,  karena penghasilan legal seorang Wali Kota hanya berkisar sekitar Rp.20.000.000.-/perbulan. Apabila penghasilan tersebut dikumpulkan selama 5 tahun masa jabatanya (60 bulan), hanya akan terkumpul sebesar Rp.1.200.000.000,-. Apabila dana tersebut berupa pinjaman, hak ini akan lebih sulit, karena sang Walikota akan tersandera oleh donatur yang bersangkutan. Hal inilah yang sering mendorong seorang Kepala Daerah terpaksa melakukan tindak pidana korupsi dan mengabaikan kepentingan rakyat banyak, bermain proyek, dengan cara menyunat dana  proyek, menerima suap untuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Analisis ini didasarkan pada kondisi yang ada sekarang, apabila kondisinya berubah di masa datang, hasilnya akan berubah pula. Pada akhirnya nasib dan keberuntungan para calon akan ditentukan oleh Tuhan yang Maha Kuasa, namun harus tetap berusaha dan berdo’a, agar Tuhan Yang Maha Esa memihak kepada anda. (penulis adalah pengamat hukum dan politik di kota jambi)

Riwayat Hidup Penulis

Nama Lengkap               : Prof. H. Rozali Abdullah, SH.
Tempat/Tanggal Lahir  : Maninjau, 28 Februari 1942
Alamat                              : Komplek Perumahan Dosen Unja No.23 Telanaipura
Pendidikan                      : Sarjana Hukum Universitas Andalas 1969
Riwayat Pekerjaan        :

Dosen Fakultas Hukum Unja, 1970

Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Unja, 1973

Kepala Humas Unja, 1975

Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Unja, 1979

Dekan Fakultas Hukum Unja, Periode I, 1981

Dekan Fakultas Hukum Unja, Periode II, 1985

Guru Besar Fakultas Hukum Unja, 1992

Dekan Fakultas Hukum Unja, Periode III, 1993

Dekan Fakultas Hukum Unja, Periode IV, 1996

Dosen Pasca Sarjana UNSRI, 2002 – 2003

Dosen Pasca Sarjana IAIN Jambi, 2001 – 2002

Dosen Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unja, 2002 – 2003

Staf Ahli DPRD Provinsi Jambi, 2001 – 2002

Ketua KPU Provinsi Jambi, 2003

Ketua STISIP Nurdin Hamzah, 2009-2011

Buku-Buku :

1. Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa, Penerbit CV.Rajawali Jakarta, 1984.

2. Hukum Kepegawaian di Indonesia, Penerbit CV. Rajawali Jakarta, 1987.

3. Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, Penerbit CV Rajawali Jakarta, 1992.

4. Pelaksanaan Otonomi Luas dan Issu Federalisme Sebagai Suatu Alternatif, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada Jakarta, 2000.

5. Perkembangan Hak Asasi Manusia dan Pembentukan Peradilan HAM di Indonesia, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 2002.

6. Pelaksanaan Otonomi Luas, dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.

7. Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2009.

Motto : Bekerja dengan ikhlas dan bertanggung jawab.

OPINI

Galau Mursyid

PROFIL

Rizal Jalil Hebat

EPAPER

Ij Koran 23

Cerito Wakil Kito

PERISTIWA

Bupati Marah-Marah Pencapaian Progr...
23 Apr 2014 21:55Bupati Marah-Marah Pencapaian Program Dibawah 20 Persen

MUARABUNGO - Bupati Bungo H Sudirman Zaini minta kepala SKPD jangan ongkang-ongkang saja dan masa bodoh. Bagi yang tidak mampu akan diganti.

Berita Lainnya

POLITIK

H Martunis Berpeluang Jadi Ket...
24 Apr 2014 03:09

MUARABUNGO - H Martunis (57), memilih pensiun dini dari PNS di awal tahun 2013 lalu. Keputusan itu diambil lima tahun lebih cepat dari masa pesiun sebenarnya [ ... ]

Berita Lainnya

HUKUM & KRIMINAL

Saksi Kunci Kabur Polisi Kesul...
24 Apr 2014 02:13

KOTAJAMBI - Hingga saat ini pelaku pemerkosaan berinisial MD (28) sebagai terlapor atas dugaan pemerkosaan terhadap AR (19), hingga kini belum berhasil dirin [ ... ]

Berita Lainnya

EKONOMI & BISNIS

Calon Nasabah BRI Kecewa
23 Apr 2014 23:19

  SUNGAIPENUH - Pelayanan Customer Service (CS) BRI Cabang Kota Sungai Penuh di Jalan Sudirman, Sungai Penuh, Jambi, sungguh sangat mengecewakan.

Berita Lainnya

Ban Petro KananLogo Ijtv Baru13

Ban Bungo BaruBan Tebo Kab

KESEHATAN

Waspada Demam Berdarah di Sarolangu...
23 Apr 2014 22:19Waspada Demam Berdarah di Sarolangun

SAROLANGUN - Sebanyak empat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sarolangun sepanjang 2014 ditemukan. Meski jumlah itu relatif menurun dibandingkan [ ... ]

Berita Lainnya

NASIONAL

Irman Gusman: Hasil Konvensi H...
23 Apr 2014 22:09Irman Gusman: Hasil Konvensi Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman berharap konvensi capres Partai Demokrat yang digelar secara demokratis, egaliter dan tergolong baru di Indonesia te [ ... ]

Berita Lainnya

WANITA

Hujan Warnai Peringatan Hari Kartin...
21 Apr 2014 20:24Hujan Warnai Peringatan Hari Kartini

KOTAJAMBI - Peringatan Hari Kartini ke 135, hari ini Senin (21/4) dilingkungan Pemerintah Kota Jambi diwarnai hujan, akhirnya upacara dialihkan ke  [ ... ]

Berita Lainnya

OLAHRAGA

Kotabaru Arena Balap Liar
20 Apr 2014 17:13Kotabaru Arena Balap Liar

KOTAJAMBI — Aksi balap liar di kawasan Kotabaru, Kota Jambi, kian marak. Paling ramai di malam minggu, karena jarang ada aparat kepolisian yang berjaga [ ... ]

Berita Lainnya

TREN & TEKNO

Mengenal Alat Penjernihan Air Bantuan...
22 Apr 2014 21:47Mengenal Alat Penjernihan Air Bantuan CSR SKK Migas - PetroChina Jabung

INSTALASI pengolahan air bersih dengan menggunakan teknologi membran ultrafiltrasi ini telah dilengkapi dengan instalasi Pre-Treatment, yang terdiri atas Mul [ ... ]

Berita Lainnya

PARIWARA

Merangin Optimis Rebut Adipura Lagi
24 Apr 2014 01:32

BANGKO - Setelah sempat lepas di tahun 2013 lalu, Bupati Merangin, Al Haris optimis Piala Adipura 2014 akan mampu direbut kembali. Keinginan itu sejalan deng [ ... ]

Berita Lainnya

BUDAYA & WISATA

Asiknya Akhir Pekan di Kolam Baruna
20 Apr 2014 16:35Asiknya Akhir Pekan di Kolam Baruna

SUNGAIPENUH — Setiap akhir pekan Arena Pemacingan Baruna, Kota Sungai Penuh, selalu dipadati oleh pemancing mania. Tempat pemancingan di Desa Karya Bak [ ... ]

Berita Lainnya

AGAMA

Korban Dukun Palsu Bertambah
21 Apr 2014 20:54

BANGKO – Korban penipuan dukun palsu dengan tersangka JN alias Maulana (40) bertambah. Pasca aksi dukun palsu terhadap Lampi (41), pihak kepolisian kem [ ... ]

Berita Lainnya

PENDIDIKAN

Workshop Jurnalistik Mahasiswa di J...
24 Apr 2014 01:10

KOTAJAMBI - Workshop Jurnalistik Mahasiswa yang dibuka langsung Ketua Dewan Pers Pusat, Prof Dr Bagir Manan,SH,MCL, berlangsung sukses bertempt di  [ ... ]

Berita Lainnya

JURNALIS WARGA

Menginspirasi Dunia Lewat Menulis
18 Apr 2014 16:49Menginspirasi Dunia Lewat Menulis

KEDIRI – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Karya Husada Kediri, Jawa Timur, Kamis (17/4), menggelar Talkshow dalam rangka memperingati H [ ... ]

Berita Lainnya

INTERNASIONAL

Hina Muslim , Enam Orang Tentara Di...
09 Apr 2014 01:49

Enam orang tentara Angkatan Laut Australia dipecat dari pekerjaannya setelah terbukti mem-posting komentar anti-Muslim di Facebook. Dilansir dari laman world [ ... ]

Berita Lainnya

OTOMOTIF

Marquez Jadi Duta Terbaru
09 Apr 2014 02:02Marquez Jadi Duta Terbaru

Juara dunia MotoGP 2013 dari Repsol Honda, Marc Marquez telah resmi ditunjuk sebagai duta terbaru Laureus, organisasi olahraga dunia yang mengapres [ ... ]

Berita Lainnya

SELEB

Foto Selfie Shireen Sungkar Berhija...
22 Apr 2014 20:33Foto Selfie Shireen Sungkar Berhijab Raih Lebih dari 10 Ribu Like

SHIREEN Sungkar beberapa kali sering diminta follower untuk berhijab. Karena sering mendapat permintaan dari fans, istri Teuku Wisnu itu pernah men [ ... ]

Berita Lainnya

Anak Rudi Lahir