Rabu, 23 April 2014 Pukul 16:37:23

KUALATUNGKAL - Penerimaan mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Syariah Islam Universitas Jambi (Unja) akan dibuka pertengahan Juli mendatang di kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Kuota yang ditetapkan sebanyak 80 mahasiswa.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabbar, Bailah, mengatakan, tahap awal hanya disiapkan dua lokal, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 80 orang. Jika ada peminat melebihi kuota, Diknas akan menyeleksi.

Mendukung pendirian Universitas baru, Diknas telah menganggarkan melalui APBD 2012, sebesar Rp 340 juta.

"Kami sudah persiapkan, dari gedung, anggaran," kata mantan Kepala Kantor PDE ini.

Dikatakan, target awal adalah pembukaan Fakultas Ekonomi Syariah Islam untuk Strata 1. Saat ini, pihak UNJA dan Pemkab Tanjabbar sedang melobi ke Dirjen Dikti.

"Kalau nanti tidak tembus, berarti hanya Diploma III, tapi kami tetap berjuang untuk S1, karena harus ada ijin dari Dirjen Dikti," kata dia.

Untuk dosen, Diknas akan merekomendasikan dosen lokal, untuk membantu dosen dari UNJA. Menurut Bailah, banyak pejabat di Tanjabbar yang memiliki potensi sebagai tenaga pengajar.

Sementara, Rektor Unja, Prof Aulia Tasman, mengatakan, untuk Diploma III, tidak perlu ijin dari Dikti, tetapi Unja bisa langsung mengeluarkan. Kendati demikian, Unja akan berupaya mendapatkan ijin dari Dirjen Dikti, pembukaan Fakultas Ekonomi Syariah Islam Strata 1.

Untuk dosen, UNJa menyiapkan sesuai kebutuhan, dibantu dengan dosen lokal dari Tanjabbar. (infojambi.com/DAM)