Rabu, 30 Juli 2014 Pukul 00:37:52

SAROLANGUN — Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sarolangun mengingatkan kepada seluruh pengelola sekolah di daerah itu agar tidak melakukan pungutan dana di luar ketentuan saat pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB).

Menurut Kepala Disdik Sarolangun melalui Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen), Yasak, hingga saat ini belum ada petunjuk terkait PSB dari pusat maupun provinsi. Namun sejak awal semua sekolah sudah diingatkan agar tidak memungut biaya di luar ketentuan.

Bagi pihak sekolah yang terpaksa melakukan pungutan, Yasak minta agar melakukannya setelah mendapat persetujuan dari komite sekolah dan para orangtua siswa. Disadari untuk memajukan pendidikan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, namun harus melibatkan tiga pilar, yakni pemerintah, masyarakat dan orangtua murid.

Menanggapi adanya sekolah yang memungut biaya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dalam PSB, Yasak menilai bisa saja terjadi bila ada persetujuan orangtua calon siswa dan komite sekolah. Dana itu mungkin akan dipergunakan untuk keperluan pembelian seragam dan atribut sekolah.

“Pihak sekolah disarankan agar memberi pengecualian berupa keringanan pada siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Saya akan panggil kepala sekolah yang melakukan pungutan biaya yang masuk daftar tanggungan pemerintah,” tegas Yasak. (infojambi.com/RDY)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!


 

Berita Terkait