Kamis, 24 April 2014 Pukul 15:01:24

MUARABUNGO - Sempat tertunda beberapa hari sejak Jum’at (29/5), pengumuman hasil Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C akhirnya keluar. Setidaknya, 259 dari 404 peserta se-Kabupaten Bungo dinyatakan tidak lulus ujian Paket C.

Angka ketidaklulusan tersebut meningkat drastis dibanding tahun 2011-2012, dari sekitar 500 peserta, angka kelulusan mencapai 98 persen.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bungo melalui Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), Hardiman, Minggu (12/6), menyatakan, peningkatan angka peserta tidak lulus disebabkan banyak faktor, diantaranya tidak adanya pembinaan intensif terhadap peserta ujian kesetaraan dan adanya penambahan jumlah paket soal.

“Tahun lalu hanya satu paket untuk ujian kesetaraan paket C. Tahun ini meningkat lebih dari satu paket soal. Ujian Paket C tahun ini jauh dari harapan kita. Ujian Gelombang II dilaksankan Juli mendatang, menjadi harapan terakhir peserta paket,” ujar Hardiman.

Menurut Hardiman, peserta ujian Paket C kebanyakan kurang persiapan. Pasalnya, tahun lalu ujian Paket C digelar pertengahan tahun, tapi tahun ini dimajukan karena disamakan dengan UN tingkat SLTA.

“Harus dimaklumi. Tidak semua peserta punya persiapan matang. Apalagi mereka kebanyakan memiliki kesibukan masing-masing. Mereka yang tidak lulus akan mengikuti gelombang II, bergabung dengan peserta UN SLTA yang tidak lulus,” jelas Hardiman.

Hardiman menghimbau peserta yang tidak lulus agar tetap giat dan semangat. Juli nanti akan ada kesempatan mengulang, dengan mengikuti ujian Paket C Gelombang II. Ujian ini bisa diikuti peserta dari ujian formal tingkat SLTA yang tidak lulus kemarin.

“Seluruh peserta yang ikut ujian gelombang II tetap mengerjakan seluruh mata pelajaran yang diuji. Bukan hanya mata pelajaran yang tidak lulus,” tegas Hardiman. (infojambi.com/BEK)