Jum'at, 24 Oktober 2014 Pukul 12:24:58

MUARASABAK – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Abdul Rasyid melalui Kebid Laut, Hendri mengatakan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pelayanan pelabuhan laut di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung hingga akhir bulan April sudah mencapai 30 persen.

Pada tahun 2013 ini Retribusi laut hanya ditargetkan sebesar Rp.14.000.000. Dari hasil yang dicapai itu pihak Dinas Perhubungan optimis akan Over target diakhir tahun 2013.

Menurut Hendri, pada 2012 lalu Retribusi laut di Kabupaten Tanjabtim tidak ada pungutan, alasan tersebut pada tahun lalu pihaknya belum memiliki peraturan daerah (Perda) atau payung hukum yang kuat.

”Di tahun 2013 ini kami sudah memiliki Perda NO 10 tahun 2012 tentang Retribusi daerah. Berdasar Perda ini lah kita baru bisa melakukan pengambilan retribusi kepada para penumpang dan barang,” katanya.

Untuk satu orang penumpang akan dikenakan retribusi sebesar Rp.1000, sedangkan untuk barang dikenakan Rp.2000.

“Walaupun diawal tahun karcis lambat siap dicetak, kita akan berupaya diakhir tahun agar target menjadi Over target,” ujarnya.

Sedangkan untuk asuransi penumpang, lanjut Hendri, ditanggung oleh pelaku usaha, karena begitu speadboat akan diurus izin trayeknya harus mempunyai asuransi.

”Jadi,pihak merekalah yang mempunyai tanggung jawab atas asuransi penumpang dan barang,” tukasnya. (infojambi.com/HIP)