Rabu, 03 September 2014 Pukul 05:50:30

Pintu air tidak berfungsi membuat petani malas. (TASMAN)Pintu air tidak berfungsi membuat petani malas. (TASMAN)MUAROJAMBI — Banyaknya bangunan irigasi  di Provinsi Jambi yang tidak berfungsi agaknya tidak mengada ada. Untuk membuktikannya tak perlu jauh-jauh. Misalnya datang saja ke Desa Gedong Karya, Kumpeh Ilir, Muaro Jambi.

Bangunan pintu air yang pernah dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi beberapa diantaranya sekarang tidak berfungsi lagi.

Bangunan pintu air rusak, sehingga mengurangi minat petani bercocok tanam padi. Masalahnya, keluar-masuk air ke lahan sulit dikendalikan, sehingga kebanjiran di musim penghujan dan kekeringan disaat kemarau.

“Saya dan kawan kawan kesulitan mengolah lahan. Tidak semua bisa ditanami padi akibat kebanyakan air disebabkan bangunan pintu air yang ada rusak,” papar Atung, warga Desa Gedong Karya pada infojambi.com, di Suakkandis, Sabtu (7/4).

Enggannya petani bercocok tanam akibat rusaknya pintu air membuat luas tanam pertanian di daerah itu berkurang, dan produksi padi pun menurun. (infojambi.com/TAS)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!