Kamis, 23 Oktober 2014 Pukul 06:54:22

MUARA BUNGO – Tahun ini peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dipastikan tidak akan bisa “mengulang” ujian dengan mengikuti ujian paket C. Pasalnya, menurut jadwal, ujian paket akan dilakukan berbarengan dengan pelaksanaan UN.  Dengan demikian, apabila peserta UN tingkt SMA dinyatakan tidak lulus pada pengumuman nantinya, maka keinginan untuk menyelesaikan pendidikan 12 tahunnya secara bersamaan dengan teman satu angkatan dengan mengikuti ujian paket C dipastikan tidak bisa tercapai.

Hal ini diungkapkan Kabid SLTP/SLTA Dinas pendidikan (Disdik) Bungo, Syarifudin.

“Pelaksanaan UN dan paket C dilakukan serentak,” ungkapnya, Jumat (12/4).

Selain tingkat SMA, aturan yang sama juga berlaku bagi ujian paket B atau setingkat dengan lulusan SMP sederajat. Dengan demikian, bagi peserta UN tingkat SMP yang tidak lulus, maka juga tidak akan bisa mengikuti ujian persamaan paket B.

“Tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Sebab siswa tidak mungkin melakukan ujian disaat yang bersamaan dan belum tahu apakah lulus atau tidak,” papar Syarifuddin.

Untuk jadwal tambahan ujian paket C, dirinya mengaku belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan. Karena sejauh ini belum ada surat edaran yang diterima dari pihak provinsi.

“Saya hanya baca dari Koran. Kita akan lakukan koordinasi dulu dengan provinsi menyangkut ini. Tapi dari sosialisasi yang pernah ada, tidak disebutkan ada jadwal penambahan pada ujian paket C,” ungkapnya.(infojambi.com/ARI)