Sabtu, 23 Agustus 2014 Pukul 07:17:16

JAKARTA — Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori, dan Dewi Syahrasaddin menghadiri seminar dewan kerajinan nasional (dekranas) bertema "Optimalisasi Peran Pengrajin dalam Era Globalisasi", di KUKM Convention Centre, SME Tower, Selasa (20/3). Seminar diadakan menyambut HUT Dekranas ke-32.

Ketua Umum Dekranas, Herawati Budiono, mengatakan, peranan dekranas menjadi penting bagi Indonesia dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN. Masyarakat Indonesia harus mampu meningkatkan daya saing.

Isteri Wakil Presiden RI itu menyebutkan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menggali potensi kerajinan daerah yang merupakan warisan turun temurun. Pengaruh teknologi yang semakin modern, membuat minat dan penghargaan masyarakat  terhadap kerajinan semakin kreatif dan inovatif.

Herawati mengungkapkan, produk kerajinan Indonesia sudah memenuhi faktor tersebut. Produk kerajinan Indonesia masa kini berkembang mengikuti perkembangan desain dan teknologi modern.

Ketua Panitia Seminar, Inggrid KS Hasan, menjelaskan, seminar itu sangat penting diadakan karena persaingan dan lingkungan semakin dinamis, sehingga membutuhkan upaya peningkatan perajin dan produk kerajinan Indonesia yang berdaya saing.

Menurut Inggrid, kegiatan tersebut juga menjadi momentum mempererat tali silaturrahmi, kerjasama dan saling berbagi informasi. Setiap daerah dapat saling mempelajari keunggulan masing-masing. Apalagi dalam acara itu ada pameran produk kerajinan unggulan yang diikuti 117 stand, terdiri dari 60 stand dekranas, 15 stand UKM binaan BUMN, 20 stand Kementerian KUKM, 20 stand kuliner non-dekranas.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro, Syarif Hasan, sejumlah pejabat pusat dan dekranasda provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia. (rilis humasprov)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!


 

Berita Terkait