Sabtu, 20 September 2014 Pukul 09:37:38

KOTAJAMBI — Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Fachrori Umar berharap para pelaku usaha dan stakeholder sektor pariwisata, perhotelan dan restoran berusaha maksimal memajukan bisnisnya, dan berkorelasi dengan penyerapan tenaga kerja dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Jambi.

Harapan tersebut dikemukakan Wagub dalam Pelantikan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi Jambi, dan Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Jambi periode 2012 - 2017, di Atlantis Convention Center, Kamis malam (19/4).

Selain pelantikan BPPD dan BPD PHRI, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman BPPD Provinsi Jambi dengan BPD PHRI Jambi.

Wagub meyatakan, melalui Visi Jambi EMAS 2015 Pemprov Jambi menetapkan pengembangan pariwisata sebagai prioritas pembangunan. Isu strategis pengembangan promosi pariwisata dalam rangka strategi untuk memajukan potensi daerah melalui pengembangan pariwisata dan kreativitas daerah.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ProvinsiJambi, pertumbuhan ekonomi Provinsi jambi tahun 2011 mencapai 8,5 %, sektor perdagangan hotel dan restoran mencapai pertumbuhan 10,2 %, dan sektor tersebut merupakan pertumbuhan tertinggi kedua setelah sektor pertambangan dan penggalian sebesar 14,9 %.

Selanjutnya, berdasarkan struktur PDRB kontribusi lapangan usaha didominasi oleh sektor pertanian mencapai 29,4 % diikuti sektor pertambangan dan penggalian sebesar 19,1 %, sedangkan sektor perdagangan, hotel dan restoran memberi kontribusi 15 % terhadap PDRB.

Hal ini, lanjut Wagub, menunjukkan bahwa sektor ini memberikan andil yang nyata dalam penyerapan tenaga kerja serta pertumbuhan perekonomian di Provinsi Jambi.

“Agenda kegiatan yang kita laksanakan hari ini sangat berkaitan erat dengan prioritas ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Provinsi Jambi, yaitu pengembangan ekonomi kerakyatan, investasi, dan kepariwisataan,” tegas Wagub.

Wagub juga mengatakan, saat ini Indonesia berada di era globalisasi dan akan menghadapi era perdagangan bebas ASEAN Cina. Untuk itu, semua jajaran PHRI dan BPPD Provinsi Jambi dituntut untuk terus berinovasi dan melakukan efisiensi, agar dapat bersaing dengan pelaku yang sama dari negara-neara lain, himbau Wagub.

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Wirianti Sukamdani, yang diwakili oleh Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri, Jon Masli dalam sambutannya menyampaikan, kalau selama ini pajak motor merupakan andalan bagi PAD, maka Jon Masli berharap kedepannya sektor pariwisara hotel dan restoran bisa menjadi andalan bagi PAD.

Jon  Masli mengungkapkan, kendala utama dalam pengembangan hotel dan restoran adalah tidak sinkronnya pandangan pemilik dengan pengusaha hotel. Maka dari itu, Jon Masli menyarankan perlunya pemahaman antar pelaku, serta berharap agar pemerintah mendorong dan memberi arahan kepada para pelaku usaha hotel dan restoran.

Dikatakan oleh Jon Masli bahwa inti pengembangan sektor pariwisata, hotel, dan restoran adalah perhatian semua pihak terkait untuk melakukan kerjasama berkesinambungan.

Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PHRI ini juga mengakui bahwa Jambi memiliki potensi wisata dan kuliner yang baik, namun dia juga mengkritik tata kota Kota Jambi, sembari menyarankan perlunya pembenahan tata kota tersebut, untuk kemajuan Jambi.

Jon Masli menegaskan, persaingan pariwisata saat ini dan kedepan sangat ketat, apalagi dengan adanya perdagangan bebas, yang harus disikapi dengan cepat dan bijak.

Selain itu, Jon Masli juga mengatakan bahwa Badan Promosi dan Pariwisata Indonesia akan membantu promosi daerah apabila konsep pengembangan promosi dan pariwisata daerah itu visible.

Usai acara pelantikan dan pengukuhan BPPD Provinsi Jambi dan BPD PHRI Jambi, tarian Jambi dan kreasi batik yang diperagakan oleh anak-anak memeriahkan acara tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, perwakilan dari Pemerintah Kota Jambi, para pengurus PHRI pusat dan PHRI Jambi, serta para undangan lainnya. (rilis humasprov)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!


 

Berita Terkait