Sabtu, 25 Oktober 2014 Pukul 15:04:12

KOTAJAMBI — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gumawan Fauzi mengharapkan peningkatan eksistensi pengabdian satuan perlindungan masyarakat (linmas), dengan memelihara dan meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Harapan itu disampaikan Mendagri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H Fachrori Umar, pada peringatan HUT ke-50 Linmas, di ruang pola Kantor Gubernur Jambi.

Peringatan HUT Linmas tahun ini mengambil tema “Satuan perlindungan masyarakat siap mengemban tugas dalam membantu penyelenggaraan penanggulangan bencana”. Tema ini sangat tepat dan strategis bila dikaitkan dengan eksistensi linmas selama ini.

“Dengan peran dan fungsi strategis tersebut, pemerintah tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap potensi linmas agar dapat terus berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat banyak dalam menunjang program pemerintah,” ujar Fachrori.

Menurut Mendagri, tugas penting Satuan Linmas adalah melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari bencana, sehingga dapat memperkecil jatuhnya korban dan mengurangi penderitaan masyarakat.

Guna mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya bencana, anggota Satuan Linmas di desa/kelurahan perlu dibekali pengetahuan dan kemampuan kewaspadaan dini, seperti diatur dalam Permendagri Nomor 12 Tahun 2006.

Kewaspadaan dini masyarakat di daerah diberikan agar anggota Satuan Linmas mempunyai kepekaan, kesiagaan dan antisipasi menghadapi segala potensi dan indikasi timbulnya bencana. Satuan Linmas dapat difungsikan menjadi garda terdepan bagi pemerintah daerah.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparat Satuan Linmas melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala sesuai kebutuhan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Khusus pemberdayaan Satuan Linmas dalam penanggulangan masyarakat dalam penanggulangan bencana, Mendagri melalui Surat Edaran No.362/4396/SJ tanggal 11 Desember 2009 meminta para kepala daerah yang wilayahnya rawan bencana agar memerintahkan SKPD yang membawahi linmas membantu seoptimal mungkin. (infojambi.com/HMS/**)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!


 

Berita Terkait