Sabtu, 25 Oktober 2014 Pukul 13:19:07

KOTA JAMBI - Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus membuka Forum Diskusi Politik dan Sosialisasi Undang-undang Politik Provinsi Jambi Tahun 2013, di Grand Hotel, Kota Jambi, Kamis (18/4).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jambi bertemakan “Penguatan Demokrasi Menyongsong Sukses Pemilukada dan Sukses Pemilu 2014”.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan Forum Diskusi Politik Tahun 2013 merupakan kegiatan strategis dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum 2014.

Menurut Gubernur, pemilu merupakan perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis, Penyelenggaraan Pemilu bersifat Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia, Jujur dan adil. Penyelenggara Pemilu yang lemah akan berpotensi menghambat terwujudnya pemilu yang berkualitas.

"Untuk mengatasi segala hambatan penyelenggaraan pemilu dan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan pemilu 2014 yang berkualitas, perlu dilakukan deteksi dini terhadap semua ancaman, hambatan, tantangan dan gangguan kelancaran penyelenggaraan pemilu dan pemilukada demi kepentingan bangsa dan negara," ujar Gubernur.

Penyelenggaraan Pemilukada, lanjut Gubernur, merupakan upaya penataan politik dan pemerintahan melalui proses politik. Pemerintahan melalui proses politik yang memberi ruang bagi kekuatan politik dan masyarakat untuk terlibat dalam menentukan kepemimpinan di daerah. Pendidikan politik perlu dilakukan untuk menanamkan hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam proses pemilu.

Materi dan Narasumber forum ini terdiri dari UU No. 8 Tahun 2012 oleh Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Inpres No. 2 Tahun 2013 oleh Kaban Kesbangpol Prov. Jambi, Kebijakan KPU dalam menyongsong penyelenggaraan Pemilu tahun 2014 oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, Kebijakan Banwaslu dalam pengawasan Pemilu oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jambi, Efektifitas pelaksanaan Pemilu dalam menciptakan kepemimpinan yang kredibel dan berkualitas oleh Pengamat Politik Provinsi Jambi.

Peserta berjumlah 80 orang terdiri dari Ketua KPU Kabupaten/Kota, Ketua Panwaslu Kabupaten/kota, Kaban/Kakan Kesbangpol, Kabid Pemilu Kesbangpol, Parpol, Ormas, Organisasi Pemuda, Organisasi Wanita dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). (infojambi.com/HMS/JON)