Senin, 21 April 2014 Pukul 06:13:01

Tes Cpns JambiMUARASABAK - Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Sudirman, mengatakan, penerimaan Calon Pegawan Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 di Tanjabtim tergantung formasi Kategori II (K II).

"Karena akan sangat tergantung formasi tes K II, kami menunggu hasil K II untuk diselenggarakan," ujar Sudirman.

Sudirman menambahkan, ini dilakukan agar tidak terjadi pembengkakan dana dalam penerimaan CPNS. Sehingga memang harus benar-benar menunggu hasil tes K II dalam membuka formasi CPNS untuk umum.

"Honorer K II di atas tahun 2005 yang diprioritaskan untuk mengikuti tes," terangnya.

Dalam tes yang diikuti K II, tidak ada jaminan bagi yang mengikuti tes akan lulus keseluruhan, karena yang menentukan adalah K II yang mengikuti tes.

"Tidak ada jaminan lulus, hasil yang menentukan Kemen-PAN," katanya.

Untuk formasi umum tergantung dari hasil tes K II. Pemkab juga telah mendata nantinya formasi umum akan diperuntukan bagi formasi kebutuhan khusus. Seperti guru, tenaga medis dan tenaga teknis.

"Misal yang dibutuhkan 300 orang, tapi yang lulus K II ada 400 orang. Karena itu kami masih menunggu hasil tes," bebernya.

Sedangkan bagi honorer Kategori II yang akan diangkat pada bulan September mendatang persiapan ujiannya saat ini masih menunggu instruksi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemen-PAN).

Dikatakan Sudirman, pihaknya telah mendata honorer Kategori II yang akan mengikuti tes. Sebanyak 410 orang honorer Kategori II akan mengikuti tes, tentunya melalui mekanisme dari Pemerintah Pusat.

"Kami hanya menunggu komando saja kapan tes dilaksanakan, karena yang buat jadwal Kemen-PAN," jelasnya.

Sedangkan mengenai honorer Kategori I, lanjutnya, dari 53 honorer Kategori I terdapat sebanyak 14 honorer Kategori I yang belum keluar Surat Keputusan (SK), karena persyaratan belum dilengkapi.

"Selebih sudah menerima SK CPNS," terangnya.

Senada dikatakan Kepala BKD Tanjabtim, Pertadi Kusuma menurutnya pelaksanaan tes secara Nasional dilaksanakan Juli atau Agustus.

"Dalam beberapa hari saya akan rapat di Jakarta, untuk melihat jadwal dari Pusat," pungkas Pertadi. (infojambi.com/HIP)