Rabu, 23 April 2014 Pukul 19:12:14

KERINCI - Diluar dugaan  sembilan  kandidat kuat bakal calon Bupati Kerinci melamar ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kerinci. Sementara kandidat yang mendaftar di partai lain tidak lebih dari 5 orang. Salah satu persyaratan wajib yang dilemparkan oleh partai berlambang ka'bah ini setiap calon harus dapat membaca Al-Quran.

Menurut Ketua Tim Penyaringan PPP Kerinci, Hidayat Alamsyah, sejak pembukaan penyaringan bakal calon bupati Kerinci oleh PPP April 2012 lalu sampai Juni 2012, sudah 9 (sembilan) kandidat kuat bakal calon Bupati Kerinci yang mendaftarakan diri ke PPP.

Mereka adalah AKBP H Sukman, (Dir Narkoba Polda Riau), H Murasman (Bupati Kerinci), Irmanto (Wakil Ketua DPRD Kerinci), Sainal (Kabid Pemda Jambi). Kemudian H. Adirozal (Mantan Wakil Wako Padang Panjag-Sumbar), H. Rahman (Wakil Bupati juga Ketua Partai Golkar Kerinci), Syofian Arsif (Anggota DPRD Kerinci), H. Dasra. (Mantan Sekda) dan Elyusnadi (Ketua PPP Kerinci).

Alamsyah menjelaskan, secara administrasi dan persyaratan, ke sembilan calon kandidat tersebut telah memenuhi kriteria sebagai mana ketentuan dari PPP. Setiap kendidat harus memenuhi 22 persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya dapat membaca Al’Quran, tidak tersangkut dalam perkara hukum yang dikeluarkan oleh pengadilan dan mempunyai Visi dan Misi yang berpihak kepada rakyat.

Sementara, Ketua PPP Elyusnadi, menambahkan, untuk menetapkan siapa bakal dijagokan oleh PPP maju pada pemilukada  Kerinci tahun 2013 mendatang, merupakan hasil dari Rapat DPC, kemudian sebelum diusulkan terlebih dahulu mengabil surat ke DPD PPP Provinsi Jambi untuk mengisi nama jago yang akan meneruskan ke DPP PPP Jakarta.

"Kalau dilihat dari kompensisi untuk mengusung kandidat calon bupati, sesuai dengan ketentuan jumlah anggota PPP yang duduk di DPRD kerinci sebanyak 5 (lima) orang,  sementara PPP hanya 2 orang yang duduk di DPRD kerinci," tandasnya.

Kendati demikian, jelas Elyusdani, PPP telah melakukan koalisi dengan 5 partai yang ada di kabupaten Kerinci. Diantaranya, Partai Golkar, PDI-P, P3I, PBB dan PBD. Koalisi ini telah ditanda tangani bersama.

"Pada prinsipnya kami sepakat untuk memenangkan joganya pada Pemilukada Kerinci 2013 mendatang, sebagaimana pimilukada Kerinci tahun 2009 yang lalu dimana pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kerinci sekarang diusung kualisi PPP," tegasnya. (infojambi.com/AS)