Minggu, 21 September 2014 Pukul 13:48:48

KERINCI — Banyak bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari Kota Sungai Penuh menggunakan ijazah Paket C. Kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Kerinci, Jambi.

Berdasar data yang dihimpun infojambi.com di KPU Kota Sungai Penuh, ada 22 bacaleg menggunakan ijazah Paket C. Rinciannya, PAN (3), PPP (2), PDIP (2), Gerindra (2), PKB (2), Nasdem (3), PKS (7) dan Hanura (1).

Kasubbag Teknis KPU Sungai Penuh, Zamzami, mengatakan, pengguna ijazah Paket C mendominasi seluruh dapil. Kendati tidak menimbulkan masalah serius, KPU tetap minta penjelasan instansi terkait soal keabsahan ijazah itu.

“Kami akan konsultasikan ke dinas pendidikan untuk memastikan kebenaran ijazah yang digunakan oleh bacaleg,” ujar Zamzami.

Hal senada diungkapkan Ketua KPU Sungai Penuh, Raisul Jamil. Menurutnya, dalam waktu dekat KPU akan berkoordinasi terkait ijazah yang digunakan para bacaleg. KPU ingin ada kejelasan soal keabsahannya.

Hal serupa juga terjadi di Kerinci. Banyak bacaleg yang mendaftar ke KPU memakai ijazah Paket C. Tapi sayang, pihak KPU Kerinci tidak mau jumlahnya.
Bagi mereka persoalan ijazah Paket C bukan masalah serius.

“Yang penting ijazahnya dilegalisir oleh pihak sekolah. Sesuai PP KPU Nomor 9 tentang Pencalonan Legislatif. Dalam waktu dekat kami akan melakukan verifikasi,” kata anggota KPU Kerinci, Sulaiman SE. (infojambi.com/FEO)