Minggu, 21 Desember 2014 Pukul 04:20:28

Dari kiri : Mayjen. Doni Monardo (Danpampres), Letjen. M. Munir (Wakasad), Drs. H. Mursyid Sonsang (Ketua PWI Jambi) Dari kiri : Mayjen. Doni Monardo (Danpampres), Letjen. M. Munir (Wakasad), Drs. H. Mursyid Sonsang (Ketua PWI Jambi)

JAKARTA – Gerbong di tubuh TNI AD mulai bergerak dengan dilantiknya Letjen. TNI. Moeldoko menjadi Kasad mengantikan Jenderal.TNI. Pramono Edhie Wibowo. Jabatan Wakasad yang ditinggalkan Moeldoko dijabat oleh Letjen. TNI. M. Munir sebelumnya sebagai Pangkostrad, sedangkan jabatan Pangkostrad dipercayakan kepada  Letjen. TNI. Gatot Nurmantyo.

Pergantian di tubuh TNI AD ini cukup menarik, Moeldoko alumni terbaik Akmil 1981 digantikan oleh Munir alumni Akmil 1983 sedangkan Munir digantikan oleh Nurmantyo alumni Akmil 1982. Kabarnya beberapa bulan mendatang, Moeldoko akan dipromosikan menjadi Panglima TNI dan Kasad akan diduduki oleh M. Munir yang merupakan alumni PPSA XVIII Lemhannas RI tahun 2012.

M. Munir dilahirkan di Kendal, 28 Oktober 1958 memiliki dua orang anak dengan isteri Lia Sulviana,SH. Karir militernya cukup cepat setelah menjadi ajudan Presiden SBY dari tahun 2004 - 2009 dengan pangkat Kolonel, dalam rentang empat tahun Munir sudah menyandang bintang tiga. Sebelum jadi Pangkostrad, Munir menjabat Pangdam Sliwangi dan Kasdivif I Kostrad di Cilodon

AaamunirDari orang-orang yang pernah bergaul dengan Munir, sifatnya yang sederhana dan merakyat. Teman-temannya di Lemhannas PPSA XVIII tahun 2012 lalu, sangat terkesan dengan sifat merakyat dan sederhana Munir. Walau saat itu satu-satunya peserta dari TNI yang berbintang tiga, tidak mau disitimewakan. Bahkan ketika acara out bond di Lido dan bermalam di Desa Ciwaluh,  harus naik truk penuh debu dan berjalan beberapa kilometer serta tidur beralaskan tikar di rumah penduduk. Begitu juga saat diskusi di lokal, tidak mau menang sendiri bahkan sangat menghargai pendapat orang lain.

Berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/357/V/2013 tanggal 20 Mei 2013, tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI telah ditetapkan mutasi jabatan 8 Pati TNI sebagai berikut: 1. Jenderal TNI. Pramono Edhie Wibowo dari Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun). 2. Letjen TNI Moeldoko,S.I.P. dari Wakasad menjadi Kasad.3. Letjen TNI Drs. Muhamad Munir dari Pangkostrad menjadi Wakasad.4. Letjen TNI Gatot Nurmantyo dari Dankodiklat TNI AD menjadi Pangkostrad.5.Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus dari Pangdam I/BB menjadi Dankodiklat TNI AD.6. Mayjen TNI Burhanuddin Siagian dari Danseskoad menjadi Pangdam I/BB.7. Mayjen TNI Ir. Arief Rahcman, M.B.A., MM. dari Koorsahli Kasad menjadi Danseskoad.8. Mayjen TNI Leonardus JP Siegers, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad menjadi Koorsahli Kasad. (Infojambi.com/PM)