Senin, 20 Oktober 2014 Pukul 08:18:52

Salah satu titik longsor di Kabupaten Merangin || jefrizalSalah satu titik longsor di Kabupaten Merangin || jefrizalBANGKO – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Merangin, Senin (4/11) malam hingga Selasa (5/11) pagi, mengakibatkan longsor dibeberapa titik di kecamatan Lembah Masurai. Dampaknya, akses jalan provinsi penghubung antara tiga kecamatan dengan Kota Bangko ini terputus.

Informasi yang didapatkan, longsor terjadi sekitar pukul 04.00 WIB, tepatnya di Desa Koto Rami, Kecamatan Lembah Masurai. Di pendakian Sisen, tebing runtuh menimbun badan jalan dengan ketinggian tebing lima meter, dan jalan yang tertimbun tujuh meter.

Selain di pendakian Sisen, longsor juga terjadi di seputaran Jembatan Sisi. Namun yang paling parah terjadi disepanjang jalan Sungai Kiling. Bahu jalan dilokasi ketiga ini longsorannya lebih kurang 50 meter.

Akibat longsor, aktifitas transportasi dari pusat Kota Bangko menuju Kecamatan Lembah Masurai, Sungai Tenang dan Kecamatan Jangkat lumpuh total. Kendaraan tidak bisa melintas lantaran jalan tertimbun longsor.

"Ya ada tiga titik longsor terjadi, akibat hujan tadi malam," ujar Camat Lembah Masurai, Irsandi, kepada InfoJambi.com, Selasa (5/11).

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Sebab longsor terjadi bukan dipemukiman penduduk. Namun aktivitas warga sempat terganggu karena akses jalan sulit dilalui.

Untuk membersihkan material longsor yang banyak membawa kayu-kayuan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Merangin menerjunkan alat berat. Hingga saat ini petugas dari pihak PU terus berupaya membersihkan longsoran yang menimbun badan jalan itu.

"Kendaraan roda empat sudah mulai bisa melintas karena tumpukan tanahnya sudah dibersihkan. Petugas masih bekerja membersihkannya," ujar Irsandi.

Menurutnya, di lokasi longsor terparah yang terdapat di Sungai Kiling cukup membahayakan. Pasalnya, bahu jalan telah terkikis. Dikhawatirkan, jika hujan terus menguyur maka seluruh badan jalan sepanjang 50 meter tersebut bakalan ikut terbawa longsor.

"Saya lagi dilokasi. Longsornya cukup parah. Jika malam ini hujan turun lagi longsor bakal bertambah parah. Jika terjadi langsor lagi dampaknya bakal sangat besar," tuturnya.

Wakil bupati Merangin, Khafid Moein dikonfirmasi mengakui telah mendapat kabar tersebut. Ia mengatakan, pihaknya setelah mendapat kabar tersebut langsung turun kelokasi.

"PU dan BPBD telah turun kelokasi untuk membersihkannya," singkatnya. (infojambi.com/JEF)


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!


 

Berita Terkait