Rabu, 23 April 2014 Pukul 14:01:10

Acesories wanita terbuat dari kayu resam dan biji karetAcesories wanita terbuat dari kayu resam dan biji karet


KOTAJAMBI – Pengrajin kayu resam di Desa Sebapo Pondok Meja Kab. Muaro Jambi melakukan terobosan baru. Jika dulunya produk yang mereka hasilkan baru berupa tas, keranjang bunga dan hiasan dinding yang sebagian besar dipasarkan lokal atau di Jambi saja, kini mereka merambah pasar baru di Bali. Produk yang dihasilkan sekarang berupa perhiasan ethnik berbentuk gelang dan kalung.

“Kami dapat pesanan 1000 potong gelang dan kalung dari Bali. Baru selesai 500 potong,” ucap Abdinur, pakar di bidang kerajinan kayu resam ini.

Untuk merangkai gelang dan kalung tersebut, Abdinur memanfaatkan biji karet kering yang banyak  ditemukan dan selama ini tersia-sia di  sekitar tempat tinggalnya.

“Biji karet kami bersihkan dulu dari serangga dan kotoran, lalu direbus dan dijemur. Dua hari cukup, dan sudah bisa dirangkai menjadi gelang atau kalung,” jelasnya.

Laki-laki berumur 47 tahun  ini bersyukur acesories  resam Jambi bisa merebut hati para bule yang banyak mendatangi Pulau Dewata tersebut.

“Mudah-mudahan pesanannya tambah banyak. Dan kami juga tidak akan berhenti berkreasi,” pungkasnya seraya berharap proposal bantuan usaha yang diajukannya ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi dikabulkan. (infojambi.com/ARD)
 


Follow twitter kami @infojambidotcom | Tetap update informasi di manapun dengan http://m.infojambi.com dari browser ponsel Anda!