‎Tinjau Banjir, Zola Pastikan Bantuan Sampai

Zumi Zola menemui korban banjir ke rumah-rumah || foto : novriansyah

MUAROJAMBI — Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengunjungi para korban banjir, di Desa Pematangjering, Jambi Luar Kota, Muaro Jambi, Selasa (14/3). Zola mengakui banjir tahun ini lebih besar dari tahun lalu.

Jumlah korban juga lebih banyak. Namun Zola menjamin para korban banjir akan mendapat bantuan. Pemprov Jambi terus memantau daerah yang kena banjir.

“Kami terus pantau. Curah hujan akhir-akhir ini cukup tinggi, debet airnya cukup banyak. Sebagian daerah sudah ada yang sudah surut, tapi kami tetap waspada. Di Desa Pematangjering ada tiga dusun terendam,” kata Zola.

Zola mengingatkan pentingnya antisipasi terhadap bencana banjir, terutama soal bantuan. Para korban banjir harus menerimanya, khususnya yang paling dibutuhkan masyarakat, seperti beras.

Pada pertemuan bersama bupati/walikota se-Provinsi Jambi, Zola sudah menjelaskan bahwa mereka bisa mengeluarkan beras bantuan melalui Bulog sebanyak 100 ton, dengan mengeluarkan surat tanggap darurat bencana.

“Kalau 100 ton tidak cukup, saya bisa minta sampai 200 ton, kalau 200 ton tidak cukup, saya akan minta ke Menteri Sosial,” ujar Zola.

Zola mengatakan, ada program pemerintah pusat, jika sawah masyarakat gagal panen karena terendam, diberikan bantuan Rp 6 juta per hektar. Gubernur juga menyerahkan bantuan satu paket beras, lauk-pauk, sarden, terpal dan matras.

“Saya menghimbau seluruh perusahaan ikut membantu. Mohon perusahaan di daerah mereka beroperasi memberi bantuan pada korban banjir. Ini tanggung jawab kita,” tutur Zola.

Turut mendampingi Gubernur, diantaranya Kepala Dinas Sosial Provinsi Jambi Arif Munandar, Plt Kepala BPBD Provinsi Jambi, Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Dodi Irawan, Sekda Muaro Jambi dan Camat Jambi Luar Kota. (infojambi.com/d)

Laporan : Yudi Pramono/Sapra Wintani

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.