1.011 ODP, 22 PDP, Pemprov Jambi Siapkan Tiga Lokasi Isolasi

Penulis : Tim Liputan || Editor : Doddi Irawan

INFOJAMBI.COM — Wabah penyebaran virus corona di Indonesia semakin menakutkan. Jumlah pasien yang positif terjangkit virus ini terus bertambah.

Pasien yang meninggal dunia juga semakin banyak. Kendati demikian ada juga yang sembuh, walau persentasenya sangat kecil.

Di Indonesia, situs resmi pemerintah Indonesia, covid-19.go.id merilis, jumlah pasien positif terinfeksi virus corona sudah mencapai 1.046 orang.

Selain itu tercatat ada 87 orang penderita covid-19 yang meninggal dunia. Sedangkan pasien sembuh berjumlah 46 orang.

Di Provinsi Jambi, sudah ada satu orang warga terjangkit virus corona. Pasien yang masih dirahasiakan identitasnya itu kini diisolasi di RSUD Raden Mattaher, Jambi.

Mencegah penyebaran covid-19, Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Provinsi Jambi mencatat 1.011 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 22 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Juru Bicara Pengendalian Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengungkapkan, tim Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mulai melaksanakan rapid test, Jumat (27/3/2020).

Rapid test dilakukan terhadap keluarga pasien positif corona di Provinsi Jambi. Mereka didahulukan lantaran diduga kuat pernah kontak langsung dengan pasien itu.

“Hari ini sudah dilakukan rapid test terhadap keluarga pasien positif corona. Hasilnya negatif,” ujar Johansyah.

Banyaknya jumlah ODP dan PDP, Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Provinsi Jambi juga mencari solusi lokasi untuk isolasi pasien positif covid-19 maupun PDP.

Menurut Johansyah, ada tiga lokasi yang akan dijadikan tempat isolasi. Salah satunya Gedung LPMP di Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Dua lokasi lainnya, Gedung Bapelkes di Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten MuaroJambi, dan Gedung BPSDM Provinsi Jambi , di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Tiga lokasi itu memiliki kapasitas dan fasilitas memadai. Gedung LPMP misalnya, memiliki 100 ruangan dengan kapasitas 200 tempat tidur.

Sementara Gedung Bapelkes dan Gedung BPSDM masing-masing memiliki kapasitas 100 tempat tidur.

Semula ada wacana, gedung bekas Rumah Sakit Budi Graha, di Kawasan Kasang, Kota Jambi, dan Kawasan Sungai Gelam, Muaro Jambi akan dijadikan tempat isolasi.

“Kedua lokasi itu tidak jadi digunakan,” kata Johansyah. ***

Kategori Kesehatan,Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.