Jumat, 23 Juni 2017 | 05:22

49 Ribu Warga Kota Jambi Belum Dapat e-KTP

Warga Kota Jambi antre mengurus e-KTP || foto : muhammad sidqi

KOTAJAMBI – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi belakangan ini selalu ramai. Banyak warga datang untuk membuat kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Sayangnya, banyak warga mengeluh, lantaran e-KTP belum bisa dimiliki dicetak. Penyebabnya, sudah beberapa bulan terakhir blangko e-KTP sedang kosong. Padahal e-KTP itu sudah siap cetak.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi, menjelaskan, kekosongan blangko e-KTP terjadi sejak Oktober 2016, bahkan sudah dua kali gagal lelang. Saat ini ada 49 data yang siap cetak.

Dari 49 ribu hasil perekaman data, sekitar 28 ribu belum masuk ranah siap cetak. Untuk menghemat, data yang sudah siap cetak akan diverifikasi ulang.

Mulyadi menghimbau warga yang belum memiliki    e-KTP tapi sudah melakukan perekaman, agar mengurus surat keterangan KTP sementara yang berlaku enam bulan.

“Kalau sudah print ready, pas fotonya langsung ada, karena fotonya dari perekaman. Kalau belum print ready, mau tidak mau, pas fotonya ditempel. Surat keterangan KTP sementara syaratnya pas foto 3 x 4 dua lembar,” jelas Mulyadi. (infojambi.com/d)

Laporan : Muhammad Sidqi

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.