Jumat, 18 Agustus 2017 | 04:11

60 Tahun Jambi, Soal Pendidikan Masih Tertinggal

Anggota DPR RI, H Sutal Adil Hendra ll Bambang Subagio

JAKARTA – Anggota DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH), berharap di hari jadi ke-60 Provinsi Jambi, ada peningkatan kualitas hidup masyarakat Jambi, dalam satu dekade ke depan.

Utamanya peningkatan sumber ekonomi, tingkat pendidikan, infrastruktur dan ketahanan budaya lokal sebagai identitas Melayu Jambi.

“Saya ingin untuk indeks kebahagian masyarakat Jambi meningkat, karena inilah yang menjadi tujuan akhir pembangunan, bagaimana orang senang lahir dan batin, ” ujar SAH melalui pesan singkatnya yang dikirim, pada Jum’at (6/1).

Menurut pimpinan komisi X DPR itu, banyak kalangan menilai sebagai fase kematangan dalam dinamika pembangunan suatu daerah. Hal itu ditandai dengan banyaknya kemajuan yang telah dicapai dalam kurun waktu 60 tahun. Interkoneksitas sosial pembangunan masyarakat berjalan dengan baik, salah satunya ditandai dengan infrastruktur jalan antar kabupaten/kota, mengalami peningkatan.

“Mari Sama-sama kita berdoa, semoga di hari jadi ke 60 ini Provinsi Jambi menjadi rumah yang bahagia dan sejahtera dalam bingkai ke-Bhinekaan NKRI,” katanya.

Lebih jauh politisi Partai Gerindra itu, menjelaskan, di bidang anggaran sekarang Provinsi Jambi tergolong daerah yang memiliki kemampuan keuangan tinggi. Terbukti dari tahun 2016 lalu, besaran APBD yang menembus angka 4 triliun rupiah lebih.

Namun, SAH juga berpandangan ada pekerjaan rumah semua komponen masyarakat Jambi makin berat, salah satunya dibidang pendidikan yang secara nasional masih tertinggal dalam banyak hal, dibanding daerah lain di Indonesia.

Pendidikan di Jambi, perlu percepatan dalam mengejar kualitas, termasuk dalam hal ini peningkatan sarana prasarana menjadi tantangan yang cukup berat.

“Masalah pendidikan terkait langsung dengan aspek sumber daya manusia di daerah, yang juga menyangkut daya saing daerah dan produktivitas lokal, ” ujarnya. (infojambi.com)

Laporan : Bambang Subagio ll Editor : M Asrori

Kategori Nasional

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.