7 Tips Membeli Mainan yang Tepat untuk Buah Hati

LAPORAN : RLS || EDITOR : PM
INFOJAMBI.COM – Toys Kingdom merupakan salah satu ritel mainan yang cukup terkenal di Indonesia. Anak perusahaan Kawan Lama ini sukses meraih perhatian pasar, meskipun menawarkan produk dengan harga yang cukup mahal. Mainan di Toys Kingdom menjadi salah satu pilihan favorit orang tua karena kualitasnya tak main-main.

Anak-anak pada umumnya sangat suka bermain. Selain menyenangkan, mainan juga dapat menjadi sarana belajar yang seru. Karena itu, pemilihan mainan sebaiknya sesuai dengan kebutuhan anak. Nah, bagi Anda yang ingin membeli mainan Toys Kingdom untuk buah hati, simak terlebih dahulu tips berikut ini.

Ketahui Minat Anak

Tiap anak memiliki minat yang berbeda-beda. Ada yang suka bermain peran, ada pula yang menyukai aktivitas penuh tantangan. Bagi sebagian anak, bermain boneka atau action figure merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, sebagian anak lain lebih memilih menyelesaikan puzzle yang lebih menantang. Ini biasanya berkaitan dengan karakteristik anak.

Untuk memilih mainan yang tepat di Toys Kingdom, ketahui minat anak terlebih dahulu. Anak-anak biasanya lebih antusias bermain dengan sesuatu yang disukainya. Kadang kala, anak mungkin tidak menyadari hal itu. Tugas orang tua adalah membantu anak untuk memilih mainan yang tepat sesuai dengan minatnya.

Pilih Mainan Sesuai Usia

Apakah Anda pernah bingung memilih hadiah yang tepat untuk anak atau keponakan di Toys Kingdom? Salah satu informasi yang akan membantu Anda menentukan pilihan adalah usia anak. Ada beberapa jenis mainan yang dianggap tidak cocok untuk anak usia tertentu karena berpotensi bahaya. Ada pula mainan yang justru membosankan bagi anak karena terlalu biasa.

Mainan untuk anak berusia di bawah 3 tahun, misalnya, harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak mudah tertelan. Pasalnya, anak usia itu sedang gemar memasukkan berbagai benda ke mulut. Namun, untuk anak yang berusia 6 tahun atau lebih, Anda bisa memilihkan mainan yang memancing rasa penasaran atau membuat anak tertantang.

Mainan Edukasi Tak Pernah Salah

Mainan edukasi adalah mainan yang dapat menghibur sekaligus mendidik anak. Melalui mainan edukasi, anak bisa mempelajari sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya. Mainan edukasi cocok untuk semua umur. Namun, bantu anak untuk memilih mainan yang sesuai dengan usianya.
Untuk anak usia prasekolah, ada mainan edukasi yang dapat membantunya mengenal huruf atau angka. Sambil bermain, anak dapat mempelajari berbagai konsep ilmu pengetahuan yang penting. Sementara itu, mainan edukasi untuk bayi biasanya lebih fokus pada pengenalan warna, tekstur, bentuk, dan bunyi sebuah benda. Di Toys Kingdom, ada banyak pilihan mainan ini.

Baca Petunjuk Penggunaan

Jangan biarkan anak bermain dengan mainan baru tanpa pendampingan. Bahkan, sebelum anak mulai bermain, orang tua harus mengecek produk terlebih dahulu. Amati apakah ada bagian mainan yang tajam atau berpotensi membahayakan anak. Pastikan seluruh bagian produk Toys Kingdom juga telah sesuai dengan keterangan di labelnya.
Selain itu, orang tua juga wajib membaca petunjuk penggunaan mainan. Lakukan ini terutama ketika membeli mainan yang menggunakan daya listrik. Tujuannya untuk menghindari risiko bahaya bagi anak saat bermain. Menggunakan produk dengan cara yang tepat pun akan membuat mainan lebih awet.

Ajar Anak Berusaha

Anak-anak prasekolah dapat mulai belajar untuk memahami konsep sebab akibat. Artinya, saat melakukan sesuatu, ada akibat, dampak, atau efek yang harus dihadapi. Ini berlaku untuk semua hal yang dilakukan, baik positif maupun negatif, termasuk ketika membeli mainan.
Jika memungkinkan, ajari anak untuk berusaha terlebih dahulu sebelum mendapatkan mainan. Buat aturan yang bisa dipahami anak, misalnya menabung sebelum membeli mainan. Harga mainan yang dibeli pun harus sesuai jumlah tabungan. Cara ini akan membuat anak lebih bangga dan bertanggung jawab atas miliknya.

Mahal Atau Murah Adalah Pilihan

Harga mainan di Toys Kingdom sangat bervariasi. Ada mainan yang termasuk dalam kategori mahal, ada pula yang tergolong murah. Pada umumnya, faktor ini memengaruhi kualitas mainan, meskipun tidak berlaku untuk semuanya. Namun, mainan yang bagus biasanya tidak dijual dengan murah, kecuali saat sedang promo.
Jika ingin mainan tersebut awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang, pilihlah produk yang menawarkan kualitas. Namun, tak kalah penting untuk membeli sesuai bujet yang tersedia. Jangan hanya karena gengsi, apalagi hingga mengorbankan kebutuhan lain.

Sering Memantau Info Promo

Ingin membeli mainan bagus dengan harga yang lebih terjangkau? Anda perlu sering memantau info promo.

Pada zaman sekarang, hal itu sangat mudah dilakukan. Jika ingin membeli mainan Toys Kingdom di Blibli, misalnya, informasi mengenai produk yang sedang promo akan terpampang dengan jelas.

Terkait promo mainan Toys Kingdom, jangan mudah tergoda.
Apabila mainan tersebut ternyata tidak diinginkan anak, tidak perlu memaksakan diri untuk membelinya. Ajak anak untuk bersabar hingga produk yang diincar benar-benar terjangkau. Agar lancar, hal ini perlu disepakati bersama dengan anak.

Inilah sejumlah hal yang bisa Anda lakukan saat memilih mainan Toys Kingdom untuk anak. Meskipun terkesan sepele, jika membeli mainan secara asal dan tanpa perhitungan, hasilnya tidak akan memuaskan. Bahkan, anak bisa saja tidak berminat untuk memainkannya.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat bagi para orang tua. ****

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.