7600 Kantong Darah Terkumpul, Ditjen Perhubungan Darat Terima Piagam Penghargaan MURI

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, berhasil mengumpulkan 7600 kantong darah. Atas keberhasilan itu, berhak menerima anugrah Piagam Penghargaan Rekor MURI.

Reporter: Asrori | Editor: Muhammad Asrori
7600 Kantong Darah Terkumpul, Ditjen Perhubungan Darat Terima Piagam Penghargaan MURI
Peserta Donor Darah dalam rangka Hari Pehubungan Nasional 2024.| Asrori.

INFOJAMBI.COM – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, berhasil mengumpulkan 7600 kantong darah dari para pendonor. Atas keberhasilan itu, berhak menerima anugrah Piagam Penghargaan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia).

Sebanyak 7600 kantong darah itu, diperoleh dari para pen donor darah sukarela yang menyumbangkan darahnya lewat aksi Donor Darah yang dilaksanakan serentak di setiap Terminal Tipe A, di Seluruh Indonesia dan tersebar di 101 lokasi, melibatkan 35 Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kamis (12/09/2024). 

Baca Juga: Dinas PU Provinsi Jambi Gelar Donor Darah

Aksi donor darah dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024.

Untuk di Provinsi Jambi kegiatan donor darah dilaksanakan di Terminal Tipe A Alama Barajo Kota Jambi,Kerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Jambi.

Baca Juga: Haji Arfan Masih Bisa Dua Kali

Sedangkan untuk donor darah di Terminal Tipe A Kabupaten Sarolangun, Terminal Tipe A Bangko Kabupetn Merangin dan Terminal Tipe A Kabupaten Bungo, masing-masing bekerjasama dengan PMI setempat.

Menurut Ditjen Perhubungan Darat, Irjen Pol Risyapudin Nursin, kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus memperkenalkan wajah baru Terminal Tipe A dan Pelabuhan Penyeberangan, sebagaimana rilis yang diterima media ini.

Baca Juga: Kodim Tanjab Gelar Donor Darah Masal

Aksi donor darah serentak ini, dimulai 09.00 WIB pagi, kerjasama dengan Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia. Selain itu, untuk juga ada layanan pengobatan cek kesehatan gratis, kerjsama dengan pihak PT. Jasa Raharja.

"Dari kegiatan ini, kami berhasil mengumpulkan sebanyak 7.600 pendonor. Di samping itu, untuk turut meramaikan aksi donor darah, di tiap-tiap lokasi juga diadakan Bazar Murah yang berkolaborasi dengan Bulog/UMKM setempat," ujar Irjen Pol Risyapudin Nursin.

Atas pelaksanaan kegiatan Donor Darah serentak dan terbanyak, di Terminal Tipe A Seluruh Indonesia itu, Ditjen Perhubungan Darat berhasil dianugerahi Piagam Penghargaan Rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

"Kami berterima kasih kepada Direktur Operasional MURI,Jusuf Ngadri, atas penghargaan Rekor MURI yang diberikan. Semoga ke depan masih banyak kegiatan positif yang dapat kami lakukan untuk masyarakat," ujar Irjen Pol Risyapudin Nursin.

Penyerahan Piagam Rekor MURI ini, dilakukan bersamaan dengan kegiatan Penutupan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2024, di Movenpick Hotel Jakarta.

Kepala bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Darat, Aznal, berharap, hal ini dapat memberi warna baru dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2024 dan dapat terus berlanjut dikemudian hari.

Petugas UDD PMI Kota Jambi, M Haviz Kurniawan, saat dikonfirmasi, jumlah pendonor darah yang bisa diambil darahnya sebanyak 81 orang. Sedangkan calon pendonor yang gagal donor, karena bermacam alasan saat dilakukan seleksi kesehatan awal, ada 45 orang.(rel)*** 

BERITA KAMI ADA DI GOOGLE NEWS | INSTALL APLIKASI INFOJAMBI.COM DI PLAYSTORE

Berita Terkait

Berita Lainnya