986 Siswa SMAN 6 Terima Beasiswa PIP

Siswi SMAN 6 Kota Jambi bersama Zumi Zola || yudi pramono

KOTAJAMBI — Sebanyak 986 orang dari 1.038 siswa SMA Negeri 6 Jambi menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Jum’at pagi. Beasiswa diserahkan oleh Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adel Hendra (SAH).

Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk mengurangi angka anak putus sekolah. Juga untuk meringankan biaya pendidikan bagi anak kurang mampu dan memperbaiki layanan pendidikan.

Acara ini dihadiri Gubernur Jambi Zumi Zola, Walikota Jambi Syarif Fasha, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Eni Suharyati , Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Mulyadi dan Kepala SMA Negeri 6 Kota Jambi Khairul Amri.

PIP bukan hanya untuk siswa SMA, tapi juga SMP dan SD. Dengan beasiswa ini pemerintah berharap SDM Indonesia punya daya saing, sekaligus membantu pendidikan anak-anak Indonesia.

Bantuan diberikan berupa bimbingan les sebesar Rp 500 ribu untuk kelas 1, sedangkan kelas 2 dan 3 diberikan Rp 1 juta per tahun.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, mendukung dan memotivasi para pelajar berprestasi dalam berbagai lomba tingkat nasional dan internasional. Prestasi pelajar SMA 6 sangat menggembirakan, ada yang sudah sampai ke Meksiko.

Untuk prestasi di bidang lain, perlu diukur dengan negara-negara lain. Pemerintah terus mendorong para pelajar meningkatkan prestasi. Pemprov Jambi terus melaksanakan program yang berpihak pada masyarakat kurang mampu.

Peningkatan SDM dilakukan dengan perluasan akses pendidikan melalui beasiswa. Para pelajar diharap bisa menyelesaikan pendidikannya sampai ke jenjang lebih tinggi.

Tantangan generasi muda kedepan cukup kompleks dan global. Apalagi saat ini memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), pasar bebas Asean. Kompetisi makin ketat. Barang berkualitas baik dan harga bersaing mendominasi pasar.

Begitu juga SDM yang unggul akan menguasai pasar kerja strategis dan memperoleh penghasilan besar. SDM yang rendah akan mendapat kesempatan kerja pada sektor yang termarjinalkan.

Zola menjelaskan, Pemprov Jambi menyediakan banyak beasiswa. Pemerintah pusat melalui program PIP akan menyalurkan 40 ribu beasiswa di Jambi. (infojambi.com/DD)

Laporan : Yudi Pramono

Kategori Pendidikan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.