Abrasi Ancam Pemukiman Warga Dua Dusun

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

Abrasi mengancam rumah warga / foto : ist

INFOJAMBI.COM – Puluhan rumah nelayan di Desa Kuala Simbur, Muarasabak Timur, Tanjung Jabung Timur setiap tahun terdampak abrasi.

Kondisi itu kini terjadi lagi. Sayangnya sampai sekarang belum ada upaya pemerintah menyelamatkan rumah-rumah penduduk di sana.

Masyarakat Desa Kuala Simbur selalu waswas setiap musim air pasang. Gelombang besar saat air pasang mengancam rumah mereka.

Wilayah pesisir Desa Kuala Simbur terbagi dua dusun, yakni Dusun Nelayan I dan Dusun Bahari I. Kedua dusun ini sekarang diterpa gelombang air laut pasang.

Kepala Desa Kuala Simbur, Juhaifa telah melaporkan masalah abrasi ini. Apalagi abrasi sudah terjadi sejak belasan tahun lalu.

Sampai sekarang laporan itu belum ada tanggapan. Warga Desa Kuala Simbur sangat berharap pemerintah membangun turap penahan ombak

“Panjangnya sekitar satu kilometer, agar pemukiman warga tidak lagi terkena abrasi,” kata Juhaifa.

Selama terjadi abrasi, tidak sedikit rumah warga Desa Kuala Simbur menjadi korban. Sejauh ini abrasi telah mengikis pemukiman warga hingga 150 meter.

Jika abrasi terus terjadi dan mengikis wilayah pantai, pemukiman warga Desa Kuala Simbur bukan tidak mungkin akan habis.

“Perlu perhatian pemerintah membangun pemecah ombak,” ujar Juhaifa. #

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.