Ada 113 Koperasi di Batanghari Dibekukan

Ilustrasi

MUARABULIAN – Setidaknya ada 113 unit Koperasi di Kabupaten Batanghari, saat ini dibekukan sesuai SK Kemenkop UKM RI, yang diterima Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Batanghari.

SK Kemenkop dan UKM, 114/KEP/M.KUM.2/XII/2016, tertanggal 22 Desember 2016, perihal Pembubaran Koperasi.

Keputusan Kemenkop untuk membekukan ratusan unit Koperasi, sekaligus kesempatan pihak Dinas Koperasi Kabupaten Batanghari, untuk melakukan klarifikasi dan pendataan ulang, enam bulan kedepan.

Kasi Kelembagaan dan Penyuluhan Diskop UMKM dan perindag Batanghari, Bambang Sutrisno, saat dionfirmasi mengatakan, 113 unit Koperasi itu dibekukan untuk sementara waktu.

“Iya, kita diberikan waktu enam bulan, untuk melakukan pengecekan. Jika koperasi yang dibekukan itu masih aktif, akan kita usulkan kepada Menteri,” kata Bambang.

Namun, kata Bambang, pihaknya saat ini tengah melengkapi data-data pendukung, untuk mengklarifikasi kepada Kementerian Koperasi. Karena menurutnya, terdapat beberapa koperasi yang masuk dalam catatan Kementerian Koperasi masih berstatus aktif.

“Jadi kami masih mengupayakan untuk melakukan pembuktian atau menyampaikan fakta-fakta dari hasil koreksi kami dilapangan, dan itu menjadi dasar kami untuk melakukan klarifikasi terhadap Kementrian. Agar, koperasi yang dibekukan itu dapat diaktifkan kembali,” pungkasnya.

Bambang menargetkan, proses Evaluasi dan Verifikasi terhadap Unit Koperasi yang dibekukan itu, dapat diselesaikan sebelum memasuki bulan Juni.

“Kita usahakan kerja lebih cepatlah, dan kita targetkan sebelum bulan Juni semuanya sudah selesai,” tutupnya.

Data di Dinas Koperasi UMKM, Perindag Batanghari, terdapat 281 unit Koperasi, 168 Unit Koperasi masih dinyatakan aktif oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI. (infojambi.com)

Laporan : Raden ll Editor : M Asrori

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.