Ada Delapan Titik Rawan Yang Perlu Diatensi Satgas Saber Pungli

Penulis : Andra Rawas || Editor : M Asrori S

Video Converence tentang Saber Pungli dilaksanakan di Aula Lt 4 gedung utama Polda Jambi.

INFOJAMBI.COM – Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Jambi mengikuti acara Video Converence (vicon) tentang Saber Pungli dipimpin oleh Irwasum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, selaku Ketua Satgas Saber Pungli, di Aula Lt 4 gedung utama Polda Jambi, Kamis (18/03/2021).

Vicon dimulai pukul 10.00 wib ini, dihadiri Irwasda Polda Jambi, Kombes Pol Dwi Gunawan, selaku Ketua Pelaksana UPP Provinsi Jambi, didampingi Wakil Ketua 1 Irprov Jambi diwakili Irbanwil II, Ainul Irfan dan Wakil Ketua 2 Aswas Kejati Jambi, Eko BM.

Usai Vicon, Irwasda Polda Jambi menyampaikan arahan Irwasum Polri, beliau mengucapkan terima kasih kepada pelaksana UPP Provinsi dan Kabupaten yang aktif dalam melakukan himbauan tentang pencegahan pungli, melalui spanduk dan Videotron yang terpasang di tempat publik.

Setidaknya ada delapan titik rawan pungli yang perlu diatensi, diantaranya pembuatan akte kelahiran, bidang pendidikan, perizinan dan sertifikat, mencari pekerjaan, Skep Jabatan, Buku Nikah, Surat Pensiun dan Surat Kematian.

“Sasaran tugas Satgas Saber Pungli, membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), karena saat ini banyak terjadi kebocoran pendapatan daerah, sehingga tidak masuk secara utuh kepada pemerintah,” ucapnya.

Selanjutnya, tugas Satgas Saber Pungli tersebut meningkatkan disiplin Aparatur Negara dalam pelayanan publik melalui transparansi dan standarisasi pelayanan sesuai Perundang-undangan dan menghapuskan pungli, membangun dan menginternalisasi budaya anti pungli serta anti korupsi pada tata pemerintahan dan masyarakat.

“Hasil pertemuan Kapolri dengan Wantimpres, bahwa masih adanya pungli di pelayanan-pelayanan publik pemerintah daerah yang menghambat UMKM. Hasil pertemuan itu merekomendasikan agar memberdayakan UPP Satgas Saber Pungli, mulai dari Provinsi hingga Kabupaten/Kota untuk melakukan kegiatan sosialisasi, intelejen dan penegakan hukum,” pungkasnya.

Vicon tersebut juga dihadiri Irbid 1 Itwasda, AKBP Yoga Yulian selaku Sekretaris, AKBP Edi Bastari dari Binda dan AKBP Agus Desri dari Dit Intelkam selaku Pokja Intelejen, Zulkifli dari Kejati Jambi.

Peserta Vicon lainnya, AKBP Bambang P dari Provost Polda selaku Pokja Pencegahan, AKBP Ade Dirman dan Iptu Nelson dari Ditreskrimsus selaku Pokja Penindakan dan Kompol Samsun selaku Pokja Yustisi serta personel satgas Saber Pungli Provinsi dan Kabupaten.***

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.