Selasa, 25 September 2018 | 20:31

Ada Dugaan Penyelewengan, Satgas Dana Desa Lapor Polisi

Laporan Jefrizal

Tim Satgas Dana Desa melapor di kantor polisi.

INFOJAMBI.COM — Setelah melakukan pemeriksaan di dua desa yang terindikasi menyelewengkan Dana Desa (DD), yaitu Desa Sungai Tabir dan Aur Berduri, Tim Satgas Dana Desa Kemendes RI melaporkan hasil pemeriksaannya ke Polres Merangin.

Tim Satgas Dana Desa Kemendes dipimpin oleh Ma’roef. Tim Satgas Dana Desa untuk tahap baru melaporkan Desa Sungai Tabir, Kecamatan Tabir Barat. Laporan itu diterima oleh petugas piket Satreskrim Polres Merangin.

Setelah resmi menerima laporan, kasus dugaan penyelewengan DD Sungai Tabir resmi diselidiki penyidik Krimsus Satreskrim Polres Merangin. Ini dibenarkan oleh Kapolres Merangin melalui Kasat Reskrim, AKP Sandi Mutaqqin.

“Berkasnya sudah kami terima, selanjutnya kami memulai penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi terkait indikasi korupsi Dana Desa yang dilaporkan tim satgas,” kata Sandi.

Ketua Tim Satgas Dana Desa Kemendes, Ma’roef Irffhany, membenarkan pihaknya telah melaporkan dugaan penyelewengan pengelolaan DD. Untuk Desa Aur Berduri, sudah lebih dulu ditangani oleh pihak Polres Merangin.

“Makanya kami hanya melaporkan satu desa saja, yaitu Desa Sungai Tabir,” kata Ma’roef,

Menurut Ma’roef, salah satu contoh proyek fiktif tersebut adalah pembukaan jalan usaha tani. Nilainya sekitar Rp 200 juta. Faktanya, jalan itu sudah terlebih dahulu dikerjakan oleh pemerintah kabupaten.

“Kades membuat laporan seolah-olah sudah mengerjakan proyek tersebut. Itu hanya akal-akalan saja untuk mengambil uang Dana Desa,” kata Ma’roef. (IJ2)


Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.