Adirozal Panen Raya Padi Organik, Hasilkan 8 Ton per Hektar

KERINCI – Bupati Kerinci, H Adirozal memberi apresiasi yang tinggi atas keberhasilan petani Desa Selampaung, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, yang melakukan panen perdana padi organik.

“Ini capaian luar biasa. Petani Desa Selampaung bisa menghasilkan 8 ton padi kering menggunakan pupuk organik. Hasilnya sangat tinggi,” ujar Adirozal kepada INFOJAMBI.COM, Senin (22/5), di Desa Selampaung.

Menurut Adirozal, sukses panen padi organik yang dicapai petani Desa Selampaung sebuah pencapaian luar biasa. “Ini patut diacungi jempol. Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura,” ujarnya.

Menurut Adirozal, kerjasama dengan Yayasan Mitra Aksi mengarahkan petani tanam padi organik empat  bulan lalu. Kini petani Desa Selampaung sudah panen. Kedepan petani desa lain bisa mengembangkannya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikutura Kerinci, Radium Khalis, mengatakan, pihaknya memberi bantuan benih padi dan perlengkapan pertanian ke sejumlah kelompok petani lima desa di Gunung Raya.

“Tidak hanya bantuan diberikan ke petani, melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) juga memberi penyuluhan bagi petani tentang Penyakit Hama Terpadu (PHT),” kata Radium.

Tahun ini Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kerinci mencetak sawah baru sebanyak 100 hektar, ditempatkan di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Kerinci.

“Ada 700 hektar lahan sudah PID layak dicetak sawah baru. Tapi kami tidak perlu banyak sawah yang dicetak tahun ini. Yang penting keberhasilan dan manfaatnya bagi masyarakat serta tidak dilanda banjir,” jelas Radium. [infojambi.com]

Laporan : Riko Pirmando

 

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.