Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:49

Adirozal Rombak Kabinet, Tokoh Adat Semurup Dapat Jabatan

KERINCI – Wacana Bupati Kerinci, H Adirozal akan melakukan reshuffle besar-besaran di lingkup Pemerintah Kabupaten Kerinci terbukti. Jum’at (11/8), di ruang pola Kantor Bupati Kerinci, orang nomor satu di Bumi Sakti Alam Kerinci itu melantik, puluhan pejabat eselon II, III, dan IV.

Dalam pelantikan itu, terdapat wajah baru yang selama ini non job di era Adirozal dan dipakai era Murasman. Wajah baru itu adalah Darisfus mantan Kadis BPBD Kerinci di era Bupati Kerinci Murasman. Darifus yang juga Ketua Lembaga Adat Tigo Luhah Semurup itu dipercaya menduduki posisi Sekretaris Dinas Koperasi dan Perdagangan.

Masuknya Darifus dalam kabinet Adirozal memang sudah diprediksi sebelumnya. Dia baru-baru ini mendampingi Adirozal di kegiatan penutupan kejuaraan sepakbola Bupati Cup yang berlangsung di Desa Kemantan Hilir, Kecamatan Depati Tujuh.

Untuk pejabat eselon II juga dilakukan pergantian dan rotasi. Adapun pejabat eselon II yang diganti adalah Julizarman, Kadis Perhubungan yang sebelumnya juga merangkap Plt Asisten Pemerintahan, kini didefinitifkan sebagai Asisten I.

Posisi Julizarman di dishub digantikan oleh Juanda yang sebelumnya Kadis Sosial dan Tenaga Kerja.

Kemudian, H Adli didefinitifkan menjadi Sekretaris DPRD, Drs Evi sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Amir Syam sebagai Kepala Satpol PP dan Damkar. Damhar Dahlan sebelumnya Kadis Perizinan dirotasi menjadi Staf Ahli Bidang Pembangunan.

Selain itu, Asari menjadi Camat Depati Tujuh, Mamudin menjadi Camat Air Hangat Barat, Edi Ruslan sebagai Camat Kayu Aro, Murison sebagai Sekdis Pendidikan, Rustam B sebagai Sekdis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu dan Tenaga Kerja, dan Supril Hadi sebagai inspektur pembantu wilayah II.

Pejabat lainnya, DR Askar Jaya sebagai Kabag Ekobang, Yon Supriadi Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Harmen Sekcam Air Hangat Timur, Jon Kabid Keuangan RS MA Thalib Kerinci dan pejabat eselon IV lainnya.

Zoni Irawan, Direktur LSM Gema Gugatan Rakyat mengaku sudah memprediksi Bupati Adirozal akan melakukan rotasi pejabat secara besar-besaran. Demikian pula adanya pelantikan terhadap Ketua Lembaga Adat Tigo Luhah Semurup, Darifus.

“Dari awal sudah kita prediksi Darifus masuk dalam kabinet Adirozal. Masuknya Darifus ini tentu akan merubah warna politik di Semurup. Adirozal tentu akan kuat di Semurup,” ujarnya.

Selanjutnya, warna politik lainnya dengan masuknya Darifus dalam kabinet Adirozal, akan melemahkan Ami Taher. Pasalnya, seperti diketahui, Darifus secara adat Semurup memiliki pengaruh yang besar.

“Darifus ini memiliki pengaruh di Semurup. Dengan masuknya Darifus di kabinet Adi Rozal, tentu akan membuat peta politik Semurup ke Ami Taher akan tergerus,” ujar Zoni.(infojambi.com)

Laporan : Riko Pirmando

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.