Akhirnya Sumbar Tuan Rumah HPN 2018, Ibarat Anak Pulang ke Induknya

KOTAJAMBI – Akhirnya melalui perjuangan yg panjang dan melelahkan, Sumatera Barat (Sumbar) dipilih pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2018, setelah nenyisihkan Sumatera Utara dan Solo, Jawa tengah. “Selamat Sumbar jadi tuan rumah HPN tahun 2018,” ujar Hermansyah melalui WA-nya di group Ketua PWI se-Indonesia.

“Selamat untuk Sumbar. Selamat bekerja utk uda Heranof dan uda BB. Kita bikin HPN yg hebat.Saya, mas Anas, dan Bang Hermansjah akan support,” timpal Amir Machmud, Ketua PWI Jateng.

Penunjukan Sumbar sebagai tuan rumah, melalui sidang pleno PWI Pusat, Selasa (21/3), setelah mendapat masukan dari tim verifikasi dan pengurus PWI Provinsi di indonesia.

Bagi Sumbar, HPN bukanlah hal yang baru, karena gagasan menjadikan 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional muncul pada Kongres ke-16 PWI, di Padang, Sumatera Barat. Tidak saat itu pula, rencana peringatan Hari Pers Nasional langsung disetujui, karena baru sebatas gagasan.

Salah satu butir keputusan Kongres PWI di Padang pada 4 Desember 1978 itu adalah cetusan untuk menetapkan suatu hari yang bersejarah, guna memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Kehendak itu diusulkan kepada pemerintah melalui Dewan Pers untuk menetapkan Hari Pers Nasional.


Dalam sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada tanggal 19 Februari 1981, keinginan itu disetujui Dewan Pers untuk disampaikan kepada pemerintah dan menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Hari Pers Nasional akhirnya diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 9 Februari yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 5 Tahun 1985, ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

Ditunjuknya Sumbar, kata Ketua PWI Sumbar, Heranof, suatu yang sangat tepat, karena gagasan HPN diawali di Padang. “Jadi ibarat pepatah, anak pulang ka induak, pisau pulang ka saruang,” ujar Heranof yang cukup beruntung saat menjabat Ketua PWI Sumbar awal 2017 lalu, setahun kemudian langsung dapat menjadi tuan rumah HPN.

Sejatinya, keinginan Sumbar menjadi tuan rumah HPN saat Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, di penghujung masa jabatan Basril yang periode kedua tahun 2017 mencalonkan diri jadi tuan rumah, tapi sayang kalah dengan Ambon. Padahal dari kesiapan dan fasilitas, Sumbar lebih unggul dari Ambon.

“Saya harus jujur, kami mencalonkan diri, karena termotivasi oleh Jambi yang pernah tuan rumah HPN tahun 2012. Bagi kami pengurus periode sekarang HPN ini sebuah catatan sejarah,” ujar Basril yang periode kepengurusan PWI Sumbar 2017 – 2022 sebagai Ketua Dewan Kehornatan Daerah.

Heranof dan Basril mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar dan bupati/walikota serta masyarakat Sumbar yang mendukung sekali menjadi tuan runah HPN, sebagai momentum percepatan pembangunan di Sumatera Barat, terutama mempromosikan keelokan budaya, alam dan kulinernya. (infojambi.com/PM)

 

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.