Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:16

Akses Jalan ke Tiga Desa di Rantau Pandan Tertutup Longsor

Petugas membersihkan material longsor dengan alat tradisional || foto : Ade Kabuci
Petugas membersihkan material longsor dengan alat tradisional || foto : Ade Kabuci

MUARA BUNGO – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo malam tadi (Selasa, 15/11) membuat dinding tebing jalan yang menguhubungkan tiga desa longsor. Akibatnya akses jalan menuju desa Rantau Duku, Luluk Mayam dan Desa Rantau Pandan tertutup material longsor.

Pantauan INFOJAMBI MEDIA, selain tertimbun tanah, jalan yang menjadi akses utama masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Rantau Pandan dan Kecamatan Bathin III Ulu ini lumpuh. Sebagian masyarakat yang melintas terpaksa menunggu sampai jalan bisa dievakuasi.

“Sayo rencanonyo nak balek ke dusun, tapi sampe disini ternyato jalannyo tertimbun longsor,” ujar Soni salah seorang warga.

Satu jam kemudian pasukan pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi secara manual menggunakan alat tradisional.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Bungo, Arpan Tuyani, menjelaskan, hujan yang terus mengguyur membuat tim evakuasi sedikit kesulitan mengevakuasi pohon-pohon yang tertimbun tanah, ditambah lagi batu yang berukuran sangat besar .

“Evakuasi yang kita lakukan bersifat sementara agar akses jalan bisa dilalui warga yang terjebak, karena untuk membersihkan semuanya termasuk adanya batu-batu besar itu harus menggunakan alat berat,” pungkasnya.

Beberapa jam kemudian, jalanan yang tertimbun material longsor berhasil dibersihkan, kecuali batu besar yang masih dibiarkan. Rencananya untuk sisa longsor yang tidak bisa dibersihkan dengan cara manual akan dibersihkan menggunakan alat berat, terutama bongkahan batu berukuran besar yang jatuh dari bukit. (infojambi.com/I)

Laporan : Ade Kabuci

Kategori Lensa

Tags: ,

2 Komentar

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.