Al Haris Beri Beasiswa untuk Satri Tahfidz Quran

PENULIS : TEGUH
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Guna menciptakan Imam Masjid yang fasih hafal Al Quran (Hafiz Quran) di setiap desa, Bupati Merangin H Al Haris memberi beasiswa kepada para santri dan santriwati berprestasi.

Santri dan santriwati yang mendapatkan beasiswa pada tahun anggaran 2019 tersebut, sebanyak 50 orang. Mereka tersebar di sejumlah pondok pesantren dalam Kabupaten Merangin.

Masing-masing santri dan satriwati dari keluarga kurang mampu itu, perbulannya mendapatkan dana Beasiswa TahfidzQuran  sebesar Rp 1 juta. Dana itu akan terus bergulir setiap bulannya selama satu tahun.

“Imam-imam masjid di setiap desa sekarang ini kebanyakan usianya sudah tua, sehingga perlu adanya regenerasi yang muda fasih halaf Al Quran. Untuk itu program beasiswa Tahfidz Quran ini sangat penting,” ujar Bupati.

Makanya lanjut bupati, beasiswa itu diberikan untuk satu desa satu Tahfidz Quran, sehingga nantinya program ini akan menghasilkan Hafiz Quran yang akan menjadi Imam Masjid terbaik dan berkualitas di desanya masing-masing.

Selain itu Hafiz Quran yang terlahir dari program tersebut sambung bupati, bisa menjadi Qori dan Qoriah terbaik, yang bisa mewakili daerahnya pada event Musabaqoh Tilawatil Quran.

“Jadi mereka ini (Hafiz Quran) akan sangat berperan, terutama di desanya masing-masing. Mereka juga bisa menjadi guru di setiap madrasah masjid di desanya dan mengajar di pesantren,” harap Bupati.***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.