Jumat, 24 November 2017 | 12:54

Al Haris Buka Rakor Forum OPD Bidang Prasarana Wilayah

BANGKO — Bupati Merangin H Al Haris, Senin (20/3) membuka rapat koordinasi (Rakor) Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bidang Prasarana Wilayah. Rakor yang berlangsung di Aula Bappeda itu diikuti ratusan peserta.

Barbagai pembicaraan muncul pada rakor yang dihadiri RM Ali dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi tersebut. ‘’Sampai 2018 saya tetap masih fokus ke infrastruktur jalan,’’ujar Bupati.

Setiap tahunnya bupati menganggarkan Rp 120 miliar untuk pembangunan jalan tersebut. Sekarang ini sudah hampir 75 persen pembangunan jalan di Kabupaten Merangin rampung, dibantu dana pusat.

‘’Sekarang kita juga sedang membangun rumah susun sewa (Rusunawa) di kawasan Kandis. Keberadaan Rusunawa ini, akan sangat membantu masyarakat miskin di Kota Bangko,’’jelas Bupati.

Diakui bupati, ternyata warga yang hidup dibawah garis kemiskinan tersebut paling banyak berada di Kota. Ini terbukti masih banyaknya warga yang hidup dengan menyewa rumah sampai puluhan tahun.

Parahnya lagi dari penghasilan mereka jelas bupati, tidak memungkinkan untuk memiliki rumah, sehingga sepanjang hidupnya hanya mampu menyewa rumah. Hal inilah yang membuat bupati membangun Rusunawa di Kota Bangko.

Selain itu juga dibahas, belum semua kecamatan di Kabupaten Merangin memiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Padahal keberadaan PDAM itu sangat penting bagi masyarakat.

Keberadaan program sumur bor yang bergulir di beberapa kecamatan dinilai bupati belum memuaskan. Pasalnya sumur bor kebanyakan hanya bisa dibakai dalam dua sampai tiga bulan setelah dibangun, selebihnya sering kali macet.

Bupati juga minta diperbanyak pembangunan pronjong, untuk mencegah tenggelamnya desa yang berada di bantaran sungai. Pada kesempatan itu, bupati minta Forum OPD harus aktif, mampu selaraskan program dengan Pemprov Jambi. (infojambi.com)

Laporan : Teguh

 




Kategori Merangin

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.