Al Haris dan CE “Menangi” Pilgub Jambi

Penulis : Doddi Irawan

INFOJAMBI.COM – Calon Gubernur Jambi nomor urut satu, H Cek Endra (CE), disebut-sebut memenangkan Pilkada Provinsi Jambi, Rabu, 9 Desember 2020.

Namun, kemenangan juga diklaim oleh tim pemenangan Al Haris – Abdullah Sani, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut tiga.

Tim Haris – Sani bahkan sudah menggelar konferensi pers tadi malam. Konferensi pers dihadiri Ketua DPW PAN Jambi, H. Bakri, dan calon wakil gubernur, Abdullah Sani.

Kemenangan CE – Ratu Munawarah dan Haris – Sani tersebut bukan asal nyeplos. Ada dasarnya.

Lembaga survey Charta Politika merilis, CE – Ratu menang dengan perolehan suara 37,72 %.

Bupati Sarolangun dua periode itu unggul atas Haris – Sani yang mendapat 36,96 % suara.

Pasangan isteri mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin itu juga menang telak dari Fachrori Umar – Syafril Nursal, yang cuma memperoleh 25,32 % suara.

Rilis Charta Politika itu tidak serta merta membuat CE dan Ratu bisa “tidur nyenyak”. Pasalnya, Lembaga Survey Indonesia (LSI) punya hasil lain.

LSI besutan Denny Januar Ali, konsultan politik dan tokoh media sosial, itu merilis perolehan suara Haris – Sani di atas dua calon lainnya.

LSI menyebutkan, Haris – Sani memperoleh 38,89 % suara, disusul CE – Ratu 36,71 %,  dan Fachrori – Syafril 24,40 %.

Hasil penghitungan dua lembaga survey itu sudah final. Rabu malam, surat suara yang masuk ke mereka sudah 100 %.

Menanggapi hasil survey Charta Politika, Cek Endra menyatakan masih menunggu hasil penghitungan akhir oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal yang sama juga disampaikan Al Haris. Bupati Merangin dua periode ini tidak mau euforia, hingga ada penetapan dari KPU Provinsi Jambi.

Kendati begitu, ucapan selamat sudah diberikan kepada Al Haris. Salah satunya dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, yang disampaikan melalui video call.

“Selamat… selamat…. Jangan lupa janji-janjinya kepada masyarakat,” ujar mantan Menteri Kehutanan itu.

Dalam konferensi pers tadi, calon Wakil Gubernur Jambi nomor urut tiga, Abdullah Sani, mengungkapkan rasa syukur, dan terima kasih kepada seluruh tim dan simpatisan.

“LSI merupakan lembaga terpercaya. Tapi kita harus patuh pada tahapan-tahapan selanjutnya, terutama hasil pleno KPU,”  kata pria yang akrab dipanggil Abah Kyai ini.

Ketua DPW PAN Jambi, H Bakri, turut meyakinkan para pendukung Haris – Sani tidak perlu khawatir dengan formulir hasil penghitungan surat suara.

“Surat C1 dari 808.236 TPS sudah kita kantongi semua,” tutur anggota DPR RI Dapil Jambi ini.

Musri Nauli, Direktur Media dan Publikasi Tim Haris – Sani, menanggapi santai hasil hitung cepat Charta Politika yang memenangkan CE – Ratu.

“Santai saja. Kami punya quick count sendiri. Hasil survey LSI, kami unggul jauh, bahkan sampai tiga persen. Kami sudah biasa menghadapi yang seperti ini,” kata advokat kawakan di Jambi ini.

Musri juga sudah dihubungi Wo Haris, sapaan akrab Al Haris. Dia diminta tidak terpengaruh klaim kemenangan dari pihak manapun.

Pesan Al Haris itu sejalan dengan pemikiran Musri. Dia mengingatkan seluruh tim tidak terpengaruh hasil yang dikeluarkan Charta Politika.

“Saya minta teman-teman tim Haris-Sani santai. Jangan terpengaruh hasil itu,” katanya. ***

Kategori Politik

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.