Al Haris Panen Bawang Merah

PENULIS : TIM LIPUTAN
EDITOR : WAHYU NUGROHO

Bupati Merangin Al Haris (kiri) saat memanen bawang merah di Desa Rasau Kecamatan Renah Pamenang (Teguh)

INFOJAMBI.COM – Bupati Merangin H Al Haris bersama masyarakat dan instansi terkait pada Selasa (17/9/2019) sore, melakukan penen raya bawang merah di Desa Rasau Kecamatan Renah Pamenang.

Ada sekitar seperempat hektar bawang merah yang ditanam di sela-sela replanting sawit yang ditaman Kelompok Tani Makmur yang dipamen bupati tersebut.

“Ini hasilnya sangat luar biasa, karena buahnya besar-besar. Bawang merah ini serba guna untuk masakan, tidak enak masak kalau tidak ada bawang merah,” ujar Bupati ketika melakukan panen.

Dijelaskan bupati dari seperempat hektar tanaman bawang merah itu menghasilkan sekitar 3,7 ton dengan harga Rp 45 ribu perkilogram. Hasil tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan tanaman sawit atau karet.

Panen itu lanjut bupati, merupakan wujud nyata tekad semangat para petani. Dimana segara sesuatu jika dilakukan dengan sungguh-sungguh serius bertekat akan menghasilkan yang luar biasa.

“Ini patut ditiru, dengan memanfaatkan lahan replanting sawit, panen bawang merah ini bisa melimpah. Untuk satu hektar modalnya hanya Rp 30 juta, selama tiga bulan menghasilkan 13,5 ton bawang merah,” terang Bupati.

Teruskan semangat bertani pinta bupati,  tidak hanya fokus ke sawah tapi juga komoditi-komoditi lain seperti bawang merah. Bibitnya gampang didapat dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Pada kesempatan itu bupati memberi bantuan alat-alat pertanian kepada para kelompok tani. Sebelumnya bupati juga menggelar dialog dengan para petani setempat, untuk meningkatkan hasil pertaniannya. (TGH)***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.