Al Haris: Pastikan Merangin Bakal Mengalai Surplus Padi

Panen raya padi di Desa Lantak Seribu.

INFOJAMBI.COM – Potensi lahan tidur yang bisa dijadikan lahan sawah di Kabupaten Merangin cukup banyak, kata Bupati Merangin, Al Haris, usai panen raya padi sawah di Desa Lantak Seribu Kecamatan Renah Pamenang, dua hari lalu.

Lahan sawan itu tersebar di 24 Kecamatan, kondisi itu tentunya akan semakin banyak pula panen padi yang akan dihasilkan.

Dijelaskan Bupati, di 2018 ini, Kabupaten Merangin dipastikan mengalami surplus padi mencapai 16.100 ton. Angka itu ditambah lagi dengan padi siap panen pada akhir Januari ini.

Bupati Al Haris, terus mengajak masyarakat beramai-ramai turun ke sawah menamam padi. Sebab, jika dibandingkan satu hektar kebun sawit dengan satu hektar sawah, menurutnya hasil rupiahnya, akan jauh lebih banyak satu hektar sawah dari pada sawit.

Masyarakat di pedesaan, untuk tidak menjadikan lahan sawah yang ada atau lahan tidur berpotensi jangan dijadikan kebun sawit, kata Al Haris.

Apalagi harga beras saat ini, sangat menjanjikan dari pada harga sawit. Selain itu kalau sawit harus dijual dulu baru jadi beras untuk dimakan, tapi kalau padi tinggal diolah sudah jadi beras,” tegas Bupati. ( Teguh – Merangin ).

Kategori Merangin

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.