Al Haris Tutup Festival Silek Panyudon Tabir

PENULIS : TEGUH
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Bupati Merangin H Al Haris pada Senin (17/6/2019) menutup Festival Silek Panyudon Rantau Panjang Tabir. Acara penutupan dari sederetan Silek Payudon yang sebelumnya digelar di sejumlah desa itu, berlangsung meriah.

Ribuan masyarakat ‘tumplekblek’ di halaman Cagar Budaya Rumah Tuo Rantau Panjang tempat berlangsungnya puncak acara penutupan Festival Silek Panyudon, yang dihadiri Gubernur Jambi periode 2010-2015 H Hasan Basri Agus (HBA)

‘’Festival Silek Panyudon ini kedepan akan kita jadikan even tahunan Kabupaten Merangin. Jadi nanti pesertanya tidak hanya dari Merangin, tapi juga dari kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jambi,’’ujar Bupati.

Sehingga nanti lanjut bupati, segala pendanaan yang dibutuhkan pada acara tersebut, seluruhnya akan ditanggung oleh Kabupaten Merangin. Festival Solek Panyudon ini dinilai bupati, akan mampu menyedot wisatawan ke Merangin.

Sedangkan HBA sangat memberikan apresiasi terhadap Festival Silek Panyudon yang telah digelar. Dibenarkan HBA even khas Rantau Panjang Tabir itu ‘layak jual’ untuk kunjungan wisata ke Merangin.

Terlebih Festival Silek Panyudon tersebut, tidak hanya diikuti laum pria mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, tapi juga ada Pasilek Batino (pesilat perempuan).

“Ini merupakan aset daerah yang kental dengan kearifan lokal, khususnya Rantau Panjang Tabir. Untuk itu perlu terus dipertahankan dan dilestarikan dan evennya diperbesar Bapak Bupati menjadi even kabupaten,” ujar HBA.***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.