Alhamdulillah, Besok Kuota Gratis dari Nadiem Makarim Cair

Editor: Rahmad

Nadiem Makarim. (Ist)

INFOJAMBI.COM – Menteri Pendidikan, Kebudaayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, bantuan kuota data untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen akan cair pada Sabtu (10/9/2021).

“Tentang bantuan kuota, setahu saya informasinya tanggal 11 September kuota akan dikirim untuk yang sudah dilakukan pendataannya,” kata Nadiem, Jumat (10/9/2021).

Nadiem menyebutkan, bantuan kuota gratis untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan salah satu perjuangan Kemdikbudristek untuk memberikan bantuan sosial di bidang pendidikan.

Untuk perguruan tinggi, lanjut Nadiem, selain bantuan kuota, pihaknya juga memberi keringanan uang kuliah tunggal (UKT) yang terdampak pandemi agar tetap melanjutkan kuliah pada masa pandemi.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemdikbudristek Jumeri mengatakan, bantuan kuota gratis ini ditargetkan akan disalurkan untuk 27 juta penerima terdiri dari siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Jumeri menyebutkan, sejauh ini data penerima kuota sudah masuk ada 20 juta. Pasalnya, ada perubahan data siswa dan mahasiswa yang sudah lulus sekolah.

“Juli ini muridnya kemarin ( tahun ajaran 2020/2021) lulus dan ada yang masuk, sehingga pendataan berubah. Murid yang kelas 6 sudah keluar dari sekolah itu dan sekolah belum mempunyai daftar yang baru. Jadi setiap tahun ajaran baru itu berubah datanya. Komposisi muridnya berubah,” kata Jumeri.

Untuk itu, lanjut Jumeri, bagi 7 juta data yang belum terverifikasi, maka penyaluran kuota gratis akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Sebagai informasi, kuota gratis Kemdikbudristek ini akan berlangsung hingga Desember 2021 mendatang.

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.