Sabtu, 23 September 2017 | 07:05

Ampun… Harga Cabai Tembus Rp 120 Ribu per Kg

pedagang-cabaiBANGKO — Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Merangin diduga menjadi pemicu naiknya harga cabai. Bahkan kenaikan harga cabai merah begitu drastis dari hari-hari sebelumnya.

Harga cabai merah naik dari Rp 60 ribu menjadi Rp 120 ribu per kg. Cabai rawit dan cabai hijau hanya naik Rp 20 ribu dari harga biasanya Rp 40 ribu per kg.

Naiknya harga diakibatkan kurangnya stok cabai di tingkat pedagang. Para pemasok dari luar daerah tidak lagi menyuplai cabai ke Merangin. Ditambah lagi tingginya harga cabai di kalangan petani Merangin.

“Naiknya harga cabai bukan cuma karena faktor cuaca dan kekurangan stok. Tapi juga akibat ulah pedagang nakal yang menimbun cabai agar harganya bisa melonjak naik,” prediksi warga.

Nurnas, pedagang cabai di Pasar Baru, Bangko, mengakui kenaikan harga cabai sudah berlangsung sejak tiga hari belakangan. Dia berharap pemerintah bisa mengatasi masalah kenaikan harga cabai ini.

“Kalau pemerintah tidak turun tangan, harga cabai akan terus naik. Pemerintah bisa menurunkan harga cabai dengan operasi pasar. Nanti kami para penjual cabai dari situ untuk dijual kembali ke pasaran,” ujar Nurnas. (infojambi.com/D)

Laporan : Jefrizal

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.