Lindungi Warganya, Walikota Fasha Instruksikan Penanganan Cepat Pasca Banjir

Syarif Fasha mencium anak korban banjir || foto : ist

KOTAJAMBI – Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha memang patut diacungi jempol. Saat banjir melanda Kota Jambi, Ia tidak hanya turun langsung menjumpai warganya dan memberikan bantuan, meskipun harus rela mengayuh perahu serta mengarungi tingginya air, namun ia juga menunjukkan kepeduliannya dengan segera melakukan upaya rehabilitasi pasca banjir.

Wali Kota Fasha menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar tetap intens memperhatikan kondisi warga pasca banjir. Hal itu ditegaskan Fasha saat memimpin apel rutin peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara, di lapangan Kantor Wali Kota, Senin (3/4).

Fasha menegaskan instruksinya itu kepada institusi yang menangani bencana, khususnya kepada Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas, termasuk aparaturnya di tingkat Kecamatan, Kelurahan dan RT.

Secara khusus Fasha minta agar Dinas Kesehatan mengkoordinasikan penanganan kesehatan masyarakat pasca banjir dengan Puskesmas dan Kecamatan.

“Saya instruksikan agar Dinas Kesehatan cepat mengambil peran penanganan pasca banjir ini. Intensifkan koordinasi dengan Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan warga kita yang terdampak banjir lalu. Karena biasanya pasca banjir sering kali diikuti dengan wabah diare dan demam berdarah. Rumah sakit juga saya minta agar memberikan prioritas pelayanan bagi warga kita yang baru saja terdampak banjir tersebut,” ujar Fasha.

Fasha juga minta agar dilakukan pengasapan (fogging) secara merata di kawasan terdampak banjir. Diantaranya dengan mengoptimalkan mesin fogging yang ada di kecamatan tanpa harus menunggu diminta.

“Saya minta Kecamatan agar mengeluarkan semua mesin fogging yang ada, segera lakukan pengasapan secara merata diwilayah terdampak banjir lalu, dan jangan menunggu diminta,” tegas Fasha.

Sebagaimana diketahui Wali Kota Fasha yang dikenal dengan tanggap, cepat serta tepat mengambil langkah-lahkah penanganan musibah banjir di Kota Jambi, beberapa waktu lalu juga sempat mengeluarkan diskresi. Kebijakan itu dilakukannya dengan menginstruksikan seluruh jajarannya yang terkait dengan penanganan banjir agar tidak kaku dan takut mengambil langkah-langkah penganganan dilapangan demi kemanusiaan.

Saat itu, Ia mengatakan dalam kondisi bencana, semua masyarakat harus cepat dilayani, jangan sampai hal-hal yang formalitas mengakibatkan terlambatnya penanganan kepada masyarakat.

“Bila perlu saya lakukan diskresi untuk itu demi kemanusiaan,” tegas Fasha beberapa waktu lalu.

Fasha juga mengatakan bahwa ruang pengabdian itu begitu besar. Ia minta semua sumber daya Pemerintah Kota Jambi dioptimalkan, termasuk semua ASN.

“Saya tegaskan semua pegawai Pemkot harus turut mengambil peran membantu saudara-saudara kita korban banjir paling tidak di dekat tempat tinggalnya masing-masing,” tegas Fasha beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, banjir musiman akibat luapan sungai Batanghari yang menggenangi sebagian wilayah Kota Jambi itu sangat mendapat perhatian serius Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Guna memastikan penanganan korban serta bantuan tanggap darurat sampai kesasaran, Fasha pun kerap turun langsung ke lokasi banjir. Bahkan ia juga tak segan mengarungi air setinggi dada orang dewasa untuk menjumpai warganya.

Selain memastikan kondisi warganya yang terdampak banjir itu, Fasha pun juga beberapa kali terpaksa harus menggelar rapat koordinasi lapangan bersama stafnya di titik-titik banjir. (infojambi.com)

Laporan : Muhammad Sidqi

 

Kategori Birokrasi

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.