Antisipasi Karhutla, Kapolda Jambi Turun ke Berbak

Penulis : Andra Rawas | Editor : Dodik

Kapolda Jambi kunjungan kerja ke Parit Babeko, Kelurahan Simpang, Berbak, Tanjung Jabung Timur | foto : ist

INFOJAMBI.COM – Kapolda Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke lokasi Tahura di Parit Babeko Kelurahan Simpang, Kecamatan Berbak, Tanjung Jabung Timur, Jumat (16/7/2021).

Kapolda didampingi Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, dan Pejabat Utama Polda Jambi, berangkat melalui jalur Sungai Batanghari menggunakan kapal milik Ditpolair Polda Jambi.

Tiba di lokasi tahura, Kapolda dan rombongan disambut oleh Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur H Robby Nahliansyah, Danramil Nipah Panjang Kapten Inf Safri Napitupulu, Kapolsek Berbak Iptu Iryanto.

Turut menyambut, Camat Berbak M Yani, Kepala UPTD Tahura Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Aryen Desi, Kabid Kedaruratan dan Logistik Indra Gunawan, Lurah Simpang Syafrizal, dan para kades se-Berbak.

Kapolda melaksanakan bakti sosial untuk masyarakat Berbak di Aula Kantor Camat Berbak, sekaligus memimpin forum diskusi terkait penanggulangan karhutla.

Wakil Bupati Tanjabtim, Robby Nahliansyah menyampaikan bahwa pihaknya dalam menanggulangi karhutla mengalami kesulitan mengakses jalan ke lokasi.

“Dalam menanggulangi karhutla kami kesulitan karena akses jalan yang sulit dilalui. Namun kami selalu berusaha semaksimal mungkin menghadapi bencana karhutla,” ujar Robby.

Kapolda Jambi mengajak semua unsur terkait bersinergi menangani karhutla. Tidak bisa kerja sendiri, termasuk di Tanjung Jabung Timur.

“Kita selalu bersama bersinergis dengan seluruh instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan langkah-langkah dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Diantaranya langkah preventif, mengimbau masyarakat tidak membakar lahan.

“Kita tempatkan personel di daerah rawan karhutla, seperti dari TNI, Polri, BPBD, dan Dinas Kehutanan. Tim patroli setiap hari guna mencegah terjadinya karhutla,” tambah Kapolda.

Tim ini difasilitasi dua water bombing untuk mengatasi bencana karhutla. Sekarang tidak terlalu banyak terjadi kebakaran hutan di Jambi dibanding dengan provinsi lain.

Tampak mendampingi Kapolda, Dansat Brimob Kombes Pol Nadi Chaidir, Direskrimsus Kombes Pol Sigit Dani Sutiyono, Dirpolair Kombes Pol Parhorian Lumban Gaol, dan Kasubbid Provost AKBP Bambang Purwanto.

Usai memimpin forum diskusi karhutla, Kapolda menempuh jalur lumpur mengecek langsung ketersediaan air di Tahura Taman Nasional Berbak. ***

Kategori Hukrim

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.