Antisipasi Karhutla, Korem Garuda Putih Amankan Perbatasan Sumsel

Penulis : Rilis || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli selaku Pelaksanaan Harian Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, kembali memberangkatkan 32 personel Satgas Gabungan Pencegahan dan Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Personel itu diterjunkan ke daerah perbatasan Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi dan Desa Muara Medak Kacamatan Bayung Lincir Kabupaten Musi Banyu Asin Provinsi Sumatera Selatan.

Tim Patroli Gabungan yang diterjunkan Rabu (12/8/2020) tersebut terdiri dari TNI 15 personel , Polri 11 personel dan Polhut 6 personel. Mereka dipimpin oleh Mayor Inf Widi, yang bergabung dengan pihak perusahaan dan masyarakat melaksanakan patroli bersama, guna mengantisipasi pembakaran hutan dan lahan serta pembalakan liar di daerah tersebut.

Danrem Garuda Putih, Brigjen TNI Zulkifli mengatakan, satgas akan berada bersama-sama masyarakat setiap hari untuk melakukan gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Mereka melaksanakan patroli edukasi dan sosialisasi serta pendekatan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Tugas dan tanggung jawab satgas gabungan besar dan sangat mulia. Kita percaya kebakaran hutan dan lahan bisa dicegah, karena sebagian besar disebabkan oleh faktor manusia, sehingga pendekatan secara intens kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan menjadi kunci utama dalam keberhasilan melaksanakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Danrem minta pelaksanaan tugas di lapangan tetap berpedoman pada protokol kesehatan dan mengutamakan faktor keamanan personel dan materil, melaksanakan secara humanis dan simpati sehingga tujuan tugas dapat dicapai dengan baik. ***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.