Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dishub Sediakan Armada Bus

PENULIS : RADEN SOEHOER
EDITOR : M ASRORI S

Dua unit bus ini disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik tahun ini (Foto/Raden Soehoer).

INFOJAMBI.COM – Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 H/2019, Dinas perhubungan (Dishub) Batanghari, menyediakan dua unit armada bus gratis yang disiagakan di terminal Muarabulian, mulai H-7 Idul Fitri.

“Kami menyiapkan dua armada untuk membantu pemudik pulang kampung. Bus akan dioperasikan bila mereka tidak tertampung di armada yang ada saat ini. Kami hanya mengantisipasi saja,” ujar Kabid Mobilitas Transportasi (Moda) Dishub Batanghari, Sulastri SE, Senin, (27/5/2019).

Menurutnya, bus yang disiapkan itu merupakan bus milik Dishub Batanghari, siap untuk digunakan melakukan perjalanan panjang.

“Dua unit Bus itu untuk angkutan lebaran secara gratis, beroperasi dalam wilayah Batanghari, dengan rute pengantaran penumpang dari terminal Muarabulian sampai batas kabupaten tetangga, seperti ke perbatasan Kabupaten Tebo,” kata Sulastri.

Selain menyiapkan armada bus, sambungnya, menjelang Idul Fitri tahun ini, Dishub juga membangun beberapa pos pengamanan lebaran. Pos itu berada di empat titik, yang merupakan daerah lintas. Pos dibuat untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri.

Di setiap pos, katanya, akan ada petugas medis yang siap memberikan pelayanan, bagi pemudik yang membutuhkan bantuan medis.

“Kami libatkan Dinas Desehatan, supaya mereka menempatkan orang-orangnya di setiap pos selama pos dibuka,” tambahnya.

Namun, pihaknya belum mendapatkan gambaran berapa orang petugas dari Dinkes yang akan ditempatkan di setiap pos pengamanan.

Menurutnya, setidaknya harus terdapat minimal satu orang petugas medis, yang siap memberikan pertolongan bagi pemudik yang sedang sakit.

“Kami masih akan lakukan lagi koordinasi dengan semua pihak yang berkaitan dengan pos pengamanan lebaran ini, termasuk Dinkes dan aparat kepolisian,” ucapnya.

Kita juga akan bekerjasama dengan Satlantas Polres Batanghari, demi kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019 ini. “ Mudaha-mudahan saja berjalan lancara,” tandasnya.***

Kategori Batanghari

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.