Sabtu, 19 Agustus 2017 | 20:06

Antrean Banyak, Quota Malah Dikurangi… Maaakkk !!!

ILUSTRASI

MUARABULIAN — Daftar Tunggu untuk calon jemaah haji (CJH) untuk Kabupaten Batanghari, Jambi, meningkat setiap tahun. Tapi anehnya, quota yang didapat daerah ini malah dikurangi.

Tahun 2016, Batanghari mendapat quota 120 orang. Sedangkan tahun ini quotanya hanya 88 orang. Kabar ini dibenarkan oleh Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Batanghari, Haris.

“Informasi ini kami terima dari kemenag provinsi. Datanya tidak bisa diubah lagi, karena sudah ketentuan dari pusat,” ujar Haris.

Haris mengakui, daftar tunggu CJH Batanghari saat ini meningkat sangat signifikan. Warga yang mendaftar Januari 2014, masuk dalam daftar tunggu tahun 2040.

“Kemampuan dan minat masyarakat Batanghari menunaikan ibadah haji tergolong besar. Per hari tercatat 3 – 4 orang yang mendaftar. Mereka baru bisa berangkat 25 tahun lagi,” jelas Haris.

Haris mengungkapkan, bagi yang tidak ingin menunggu lama, masih ada cara lain. Mereka bisa menggunakan fasilitas Haji Plus. Namun fasilitas ini tidak diurus langsung oleh pemerintah.

“Haji Plus itu lewat biro perjalanan. Berangkatnya lebih cepat, tapi biayanya lebih mahal. Tergantung pada masyarakatnya, jika mampu silahkan daftar Haji Plus,” kata Haris. (infojambi.com)

Laporan : Raden || Editor : Doddi Irawan

Kategori Agama

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.