Anwar Sadat Buka Musrenbang RPJMD 2021 – 2026

Penulis : Alfatih | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Bupati Tanjung Jabung Barat, H Anwar Sadat membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2021 – 2026.

Musrenbang berlangsung di Kuala Tungkal, Selasa (29/6/2021). Turut hadir wakil bupati, forkopimda, sekda, asisten, staf ahli, kepala OPD, dan para pimpinan instansi vertikal.

Acara dilaksanakan dengan dua cara, yaitu tatap muka (luring) dan daring menggunakan platform zoom.

Dalam laporan penyelenggara musrenbang yang disampaikan Ir H Firdaus Khatab dikatakan, guna penyempurnaan rancangan RPJMD perlu adanya saran dan masukan dari peserta musrenbang.

Juga butuh penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran dan strategi, arah kebijakan program pembangunan daerah melalui sidang kelompok per misi.

”Kegiatan di tingkat perangkat daerah perlu difokuskan, terutama upaya pemecahan permasalahan yang sebenarnya dan upaya peningkatan perekonomian,” ujarnya.

Bupati Anwar Sadat menyampaikan, musrenbang RPJMD ini bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Tahapan musrenbang dalam rangka penyusunan RPJMD ini sebagai upaya mewujudkan visi berkah, berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis,” ungkap Anwar.

Bupati Anwar Sadat mengharapkan saran, masukan, strategi, kebijakan yang tepat, serta inovasi yang dapat dihasilkan dari musyawarah perencanaan pembangunan jangka menengah daerah.

”RPJMD yang sedang kita susun ini merupakan tahapan pembangunan lima tahunan yang keempat atau terakhir dari periode RPJPD Tanjung Jabung Barat 2005 – 2025,” ungkapnya.

Anwar menyebutkan, masa pandemi covid 19 menjadikan situasi tidak kondusif dari sisi sosial dan ekonomi. Kondisi ini dialami secara global, termasuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

”Sasaran pembangunan jangka panjang ini menjadi tuntutan untuk dituntaskan. Keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia yang berkompeten menjadi hambatan dalam melaksanakan pembangunan daerah,” ujarnya. ***

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.