Anwar Sadat Terima Hibah Mesin Dukcapil

Penulis : Alfatih | Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menerima hibah Mesin Dukcapil Mandiri (ADM) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mesin ADM tersebut diserahkan oleh Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni yang juga Pejabat Kemendagri, kepada Bupati Tanjab Barat, H Anwar Sadat, di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Jumat (30/4/2021).

Mesin ADM itu diperuntukkan bagi pelayanan dokumen kependudukan secara mandiri, demi kepentingan pembuatan dokumen kependudukan masyarakat Tanjung Jabung Barat.

Penjabat Gubernur menyampaikan bahwa dipilihnya Tanjung Jabung Barat sebagai penerima mesin ADM, karena prestasi yang telah dicapai. Dalam penilaian BPKP, Tanjung Jabung Barat memiliki akuntabilitas laporan keuangan terbaik se-Provinsi Jambi.

Hal senada disampaikan Bupati Anwar Sadat. Menurutnya pemberian hibah mesin ADM ini berdasarkan prestasi. “Alhamdulillah Tanjung Jabung Barat termasuk kabupaten yang paling pertama menyampaikan LKPD ke BPK,” ujarnya.

Anwar berharap Dinas Dukcapil Tanjung Jabung Barat agar dengan diterimanya hibah mesin ADM dari Kemendagri ini bisa meningkatkan, sekaligus semakin mempermudah pelayanan kependudukan.

“Mesin ini berfungsi secara mandiri. Kita berharap pelayanan pembuatan KTP, KK dan akte kelahiran masyarakat semakin mudah,” harapnya.

ADM tak lain mesin pencetak dokumen kependudukan, mulai dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran dan akta kematian.

Bentuknya seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Inovasi ini dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi. ***

Kategori Provinsi,Tanjung Jabung Barat

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.