Senin, 18 Desember 2017 | 17:58

Apresiasi TMMD, Polres Tanjabbar Dukung Pembangunan Pemerintah Daerah

Bupati Tanjabbar bersama forkompinda sesuai pembukaan TMMD || foto : ist

KUALATUNGKAL – Kapolres Tanjabbar, AKBP Agus Sumartono, dan forkompinda menghadiri upacara pembukaan TMMD ke-98 Tahap I Tahun 2017 Kodim 0419/Tanjab, di Lapangan Sepakbola Dusun Pidade, Desa Tungkal IV Desa, Seberang Kota, Kuala Tungkal, Rabu (5/4).

Upacara pembukaan TMMD Kodam II/Sriwijaya daerah binaan Kodim Tanjab ini dipimpin oleh Bupati Tanjabbar, H Safrial MS. Hadir juga Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, para Dandim se-Korem 042/Gapu, Kasi Ops Rem 042/Gapu Mayor Inf Mulyadi, Kapenrem 042/Gapu, Mayor Inf Jasman Bangun, Pasi Pers Rem 042/Gapu Mayor Inf Dony Marasebesi, Dantim Intelrem 042/Gapu Kapten Inf Marlianus Fasae, Para Dansatbalak Korem 042/Gapu, Dandempom Letkol CPM Irsyad.

Dari forkompimda hadir Ketua DPRD Tanjabbar Faizal Riza, Kajari Kuala Tungkal Pandoe Pramoekartika, Kepala Pengadilan Negeri Kuala Tungkal Achmad Petensilly, serta kesatuan Dansub II/2-2 Lettu CPM Semmi, para Kapolsek se- Tanjabbar, Danpos Lanal Kuala Tungkal Lettda M Tohir, Kasat Polairud AKP N Hutagalung, para camat, kades serta pimpinan PetroChina, WKS, Lontar Papirus, para tokoh masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan penyambutan Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Refrizal dengan Tarian Sekapur Sirih selanjutnya dilakukan upacara pembukaan.

Bupati Safrial menyampaikan, TMMD yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan proses pelaksananaan pembangunan kemitraan daerah antara pemkab bersama Kodim 0419/TJB di Desa Kualabaru, Seberang Kota.

Tujuan dari TMMD membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyrakat melalui pembangunan fisik dan non fisik, serta memantapkan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Kecamatan Seberang Kota merupakan satu dari 13 kecamatan di Tanjabbar yang mempunyai potensi wilayah pada sektor perkebunan, pertanian dan perikanan.

Disamping itu, Kecamatan Seberang Kota juga berbatasan dengan Kabupaten Indra Giri Hilir, Riau, yang mempunyai nilai strategis dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu diperlukan pembangunan yang bersifat partisipatif melibatkan seluruh elemen dan stakeholder lintas sektoral.

“Manfaat dari pelaksanaan pembangunan pendekatan ini memberikan ruang dan kapasitas kepada masyarakat dan TNI untuk mengembakan potensi dan prakasa lokal, mengakitfkan peran serta masyarakat serta membangun kemandirian masyrakat,” ujar Bupati Safrial.

Dengan demikian TMMD yang merupakan wujud dari pelaksanaan pembangunan Partisipasif ini memiliki arti Strategis dalam proses pembangunan, tambah Bupati.

Upacara berlangsung dengan aman dan lancar dilanjutkan pemberian gelar Warga Kehormatan Kodim 0419/Tanjab kepada forkopimda, penyerahan simbolis bahan kontak oleh Bupati Tanjabbar kepada masyarakat, penampilan kesenian Kuda Lumping, peninjauan posko TMMD dan posko bhakti sosial, hiburan dan pembagian door price.

Pelaksanaan TMMD ini rencananya berlangsung satu bulan, 5 April sampai 4 Mei 2017, dengan prioritas pembanguan sarana umum jalan sepanjang 11.850 meter serta pembangunan manusia bersifat non fisik.

Kapolres Tanjabbar, AKBP Agus Sumartono, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ini merupakan bukti nyata pemkab, TNI, Polri serta masyarakat sebagai anak bangsa bersinergi dan bahu membahu membangun infrastruktur dan pola pikir masyarakat, terutama daerah pelosok.

“Polri akan selalu mendukung program dari pemerintah, apalagi membantu sesama dalam hal pembangunan untuk mensejahterakan rakyat,” katanya. (infojambi.com/DD)

 

Kategori Tanjabbar

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.