Arboretun Akan Jadi Kebun Raya Daerah

Penulis : Teguh
Editor : Dora

Alharis di kantor LIPI

INFOJAMBI.COM — Bupati Merangin, Al Haris berencana merenovasi objek wisata Aboretum Rio Alif Dusun Mudo, Bangko, menjadi Kebun Raya Daerah, yang dilengkapi dengan berbagai tumbuh-tumbuhan khas Merangin.

Untuk mewujudkan Kebun Raya Daerah yang berkualitas, Haris menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Arboretum itu luasnya 71,9 hektar.

Sekarang ini Arboretum Rio Alif hanya digunakansebagaiarena road race. Ini kurang efektif, karena di dalamnya banyak terdapat potensi lain.

“Di arboretun itu terdapat banyak kayu-kayuan dan tumbuh-tumbuhan yang bagus. Kami mencoba mengajukan kerja sama dengan LIPI, mengelola arboretum menjadi Kebun Raya Daerah,” terang Bupati.

LIPI bisa menanfaatkan Kebun Raya Daerah sebagai wadah penelitian. Guna mendalami kerja sama tersebut, Haris akan mengundang LIPI pada peringatan HUT Merangin, 22 Desember mendatang.

LIPI diajak Bupati menikmati berbagai objek wisata alam yang ada di Merangin, termasuk kawasan geopark dan arung jeram, melihat atau meneliti keberadaan batu sungkai dan lainnya.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko mengaku sangat kagum dengan kondisi alam Merangin. Kaya objek wisata menarik, bahkan ada taman bumi geopark.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak menghadiri undangan itu. Terus terang saya sangat penasaran dengan Merangin dan ingin sekali ke sana,” ujar Laksana. ***

Kategori Merangin,Wanita dan Keluarga

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.