Asian Agri Peduli Pendidikan, Wujudkan Generasi Cerdas Desa

INFOJAMBI.COM – Untuk mewujudkan generasi cerdas desa,  Asian Agri bekerjasama dengan Tanoto Foundation secara berkesinambungan melakukan berbagai program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk meningkatkan kwalitas pendidikan dan kesehatan siswa didik di desa sekitar operasional perusahaan.

“Kwalitas pendidikan pedesaan itu penting untuk mewujudkan generasi cerdas desa. Salah satu caranya adalah dengan membangun perpustakaan sekolah. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, perpustakaan itu adalah jendela dunia. Sehingga sekalipun anak-anak kita ini tinggal di pedesaan, harapan kami dengan adanya perpustakaan sekolah ini, mereka dapat menggali ilmu melalui berbagi buku sehingga anak-anak kita bisa menjadi generasi cerdas desa, yang tidak ketingalan dengan anak-anak kota,” ujar  Welly Pardede, Head Sustainability Operation & CSR Asian Agri pada 22 September 2017.

Menurutnya, pembangunan perpustakaan & UKS (Unit Kesehatan Sekolah) pada SDN 159/V Tanjung Benanak, Kecamatan Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah program CSR PT. Inti Indosawit Subur – salah satu unit bisnis dari Asian Agri  yang sudah melalui proses identifikasi dan diskusi dengan pihak terkait.

Dalam merancang usulan CSR, kami selalu arahkan pihak kebun untuk mengidentifikasi kebutuhan riil dilapangan. Contohnya kebutuhan perpustakaan dan UKS di SDN 159/V Tanjung Benanak ini; dimana tim CSR perusahaan sudah terlebih dahulu melakukan proses diskusi untuk identifikasi kebutuhan sekolah. Kami juga senang bahwa pihak sekolah secara aktif merespon program ini sehingga program ini dapat terlaksana dengan baik dan bisa kita resmikan pada hari ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 159/V Tanjung Benanak, Tapsirudin, S. Pd. mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya ke PT. Inti Indosawit Subur atas bangunan perpustakaan yang diserahkan.

“Sebelumnya kami sudah menerima bantuan buku perpustakaan dan pelatihan manajemen perpustakaan dari Tanoto Foundation namun masih terkendala kondisi ruangan dimana kami gunakan bekas Puskesmas Pembantu yang merupakan bangunan semi permanen. Maka ketika PT. Inti  Indosawit Subur  mengakomodir kebutuhan kami akan perpustakaan dan  ruang UKS serta dapat diwujudkan pada waktu yang bersamaan tentu saja kami sangat merasa bersyukur,” ujar Tapsirudin.

Adapun ruangan perpustakaan yang dibangun cukup besar, yakni  berukuran 6 x 6 meter;  sehingga disalah satu sudut ruangan tersebut dapat juga dimanfaatkan sebagai ruangan UKS.

Lebih lanjut, Humas PT. Inti Indosawit Subur Sukardi menjelaskan bahwa program CSR terkait kepedulian dengan dunia pendidikan sudah berulang kali dilakukan.

PT Inti Indosawit Subur sendiri telah secara konsisten membantu pembangunan infrastruktur SD di sekeliling wilayah operasionalnya.

“Secara berkelanjutan hampir setiap tahun program CSR terkait peningkatan kualitas pendidikan maupun infrastruktur sekolah sekitar operasional, selalu ada didalam program CSR perusahaan. Manajemen perusahaan juga senantiasa mendukung usulan ini selama ada peran aktif sekolah dan pendampingan dari Tanoto Foundation supaya bantuan yang diberikan benar-benar dapat dimanfaatkan secara optimal,” tambah Sukardi, Humas PT Inti Indosawit Subur.

Menurutnya, setidaknya sudah empat perpustakaan dibangun oleh PT Inti Indosawit Subur, di luar bantuan sarana air bersih, MCK, dan infrastruktur lainnya. (Doddi Irawan – Jambi)

 

Kategori Pendidikan

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.